Mohon tunggu...
Erni Purwitosari
Erni Purwitosari Mohon Tunggu... Wiraswasta - Wiraswasta

Pesepeda dan pemotor yang gemar berkain serta berkebaya. Senang wisata alam, sejarah dan budaya serta penyuka kuliner yang khas.

Selanjutnya

Tutup

Foodie Pilihan

Gumbili Besahang, Olahan Singkong Khas Banjarmasin yang Wajib Dicoba

3 Juli 2021   10:15 Diperbarui: 3 Juli 2021   10:23 821
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Singkong atau ubi kayu penganan yang mudah didapat dan mudah diolah. Oleh karenanya saya kerap membeli singkong untuk camilan di rumah.

Kalau sedang datang rajinnya, singkong bisa saya olah menjadi comro atau misro. Dibuat getuk atau cimplung juga timus.

Tapi kalau sedang datang malasnya maka singkong tersebut cukup dikukus atau digoreng. Praktis, mudah dan cepat.

Pokoknya bolak-balik seperti itu saja. Sesuai permintaan orang rumah. Kalau sedang senang dengan comro, besoknya minta dibuatkan lagi. 

Terkadang saya yang tidak mood mengolahnya. Biasalah kalau sedang datang malasnya suka seperti itu.

Suatu hari saya mendapat pesan WA dari seorang kawan yang tinggal di Kalimantan. Ia mengomentari status saya yang sedang mencari inspirasi dalam mengolah singkong. 

"Ada yang bisa kasih inspirasi? Singkong ini enaknya dibuat apa ya? Jangan aja combro, misro, getuk, timus dan kawan-kawannya. Sudah sering soalnya wkkkkk"

Begitu kira-kira status yang saya buat. Lalu si kawan dari Kalimantan, tepatnya dari Banjarmasin menanggapi status saya tersebut.

"Dibikin Gumili Besahang aja, Mba? Udah pernah belum? Kita di Banjar seringnya diolah seperti ini."

"Wah, apaan tuh? Gimana cara membuatnya?" sahut saya penasaran.

Saya pun jadi bersemangat ingin mengetahui olahan singkong khas Banjarmasin tersebut.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Foodie Selengkapnya
Lihat Foodie Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun