Mohon tunggu...
Erni Purwitosari
Erni Purwitosari Mohon Tunggu... Wiraswasta

Pesepeda dan pemotor yang gemar berkain serta berkebaya. Senang wisata alam, sejarah dan budaya serta penyuka kuliner yang khas.

Selanjutnya

Tutup

Foodie Pilihan

Ternyata Mudah Sekali Membuat Cincau Hijau, Begini Caranya

22 Juni 2021   10:53 Diperbarui: 22 Juni 2021   11:18 107 8 2 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Ternyata Mudah Sekali Membuat Cincau Hijau, Begini Caranya
Cincau hijau buatan sendiri (dokpri)

Saya penggemar makanan dan minuman apa saja. Utamanya sih yang unik dan tradisional. Nah, salah satu minuman yang saya suka adalah cincau hijau.

Rasanya segar sekali menyeruput es cincau hijau di udara yang panas. Sayang tukang cincau hijau yang biasa keliling komplek tidak setiap saat bisa dijumpai. 

Sebalnya itu kalau sedang kepengin eh enggak lewat-lewat. Bikin bete toh. Suatu ketika seorang kawan menyarankan untuk membuat cincau sendiri saja.

"Bikin aja sendiri. Lebih puas. Gampang kok bikinnya?"

"Daunnya dari mana? Emang iya gampang? Bukannya ribet ya?" kata saya. 

"Nanti aku bawain daunnya. Pokoknya gampang deh bikinnya."

Maka begitulah. Kawan saya datang membawakan daun cincau. Dia hanya memberitahu caranya dan langsung pamit.

Daun cincau (dokpri)
Daun cincau (dokpri)

"Maaf ya aku gak temenin bikin. Mesti ngantar ibu mertua. Nanti kalo sudah jadi kabari. Aku mau nyobain?" ujar kawan saya sambil tertawa.

Tinggallah saya yang kebingungan. Karena benar-benar belum pernah membuat cincau hijau. 

Saya amati daun yang dibawakan oleh si kawan tadi. Apa benar cuma diremas-remas saja daun ini bisa jadi cincau? Tanya hati saya. 

Satu per satu daun tersebut saya preteli dari batangnya. Kemudian saya cuci bersih dan diletakkan dalam baskom ukuran sedang. Kemudian saya remas-remas daun tersebut sampai mengeluarkan lendir.

Daun cincau yang diremas (dokpri)
Daun cincau yang diremas (dokpri)

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x