Mohon tunggu...
Erni Purwitosari
Erni Purwitosari Mohon Tunggu... Wiraswasta

Pesepeda dan pemotor yang gemar berkain serta berkebaya. Senang wisata alam, sejarah dan budaya serta penyuka kuliner yang khas.

Selanjutnya

Tutup

Life Hack Pilihan

Cara Merawat Rice Cooker Agar Tahan Lama

18 Juni 2021   06:19 Diperbarui: 18 Juni 2021   06:37 86 10 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Cara Merawat Rice Cooker Agar Tahan Lama
Rice cooker (dokpri)

Rice cooker. Alat menanak nasi elektronik yang digunakan oleh sebagian besar masyarakat zaman sekarang. Terutama bagi masyarakat yang tinggal di daerah perkotaan. 

Masyarakat pedesaan pun sudah banyak yang menggunakan alat tersebut. Namun mereka yang masih menggunakan dandang atau langseng untuk menanak nasi masih bisa dijumpai. Dibandingkan di daerah perkotaan.n

Jadi penggunaan rice cooker sudah bukan hal baru lagi. Bisa dikatakan sebagai barang wajib yang ada di tiap-tiap rumah. Sayang intensitas pemakaian rice cooker yang nyaris tanpa henti, tidak diimbangi oleh perawatan yang baik. Alhasil baru beberapa tahun pemakaian sudah jebol alias rusak.

Bahkan ada yang belum satu tahun sudah rusak. Bagaimana tidak? Jika penggunaan rice cooker dalam kondisi menyala terus sampai berjam-jam. Ada juga yang lewat dari 24 jam. Tapi tidak diimbangi dengan perawatan yang intensif.

Berdasarkan pengalaman pribadi, saya coba bagikan tips merawat rice cooker agar tahan lama. Di rumah penggunaan rice cooker bisa sampai lima tahun tanpa rusak atau ada penggantian elemen. Namun adik saya belum dua tahun sudah ganti rice cooker lagi.

"Sudah lengket kalau dipakai. Nasinya juga jadi kuning. Sudah minta ganti kayaknya," begitu dalihnya.

Saya pun coba mengecek rice cooker miliknya. Ternyata, komponennya tidak pernah dibersihkan. Pantas saja nasinya menjadi kuning. Akhirnya saya bersihkan rice cooker tersebut. 

Rice cooker yang belum dibersihkan (dokpri)
Rice cooker yang belum dibersihkan (dokpri)

Apapun merek yang digunakan. Seberapa pun ukurannya. Yang namanya barang dipakai, nyaris tanpa jeda pula. Maka harus dirawat sedemikian rupa agar tahan lama. Kata orang ada rupa ada harga.

Memang benar. Tapi barang dengan harga murah atau biasa saja bisa tahan lama atau awet jika benar-benar dirawat. Pun sebaliknya. Mau harga barangnya mahal kalau tidak dirawat maka sama saja. 

Berikut ini cara saya merawat rice cooker agar tahan lama. Semoga bermanfaat.

1 . Keringkan bagian bawah panci rice cooker tiap kali ingin menanak nasi 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN