Mohon tunggu...
Erni Purwitosari
Erni Purwitosari Mohon Tunggu... Wiraswasta - Wiraswasta

Pesepeda dan pemotor yang gemar berkain serta berkebaya. Senang wisata alam, sejarah dan budaya serta penyuka kuliner yang khas.

Selanjutnya

Tutup

Ramadan Pilihan

Quality Time bersama Si Kecil, Aktivitas Bermanfaat Selama Ramadan di Rumah Saja

27 April 2021   22:11 Diperbarui: 27 April 2021   22:16 701
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ramadan di rumah saja? Ya tak masalah. Ramadan bersama balita? Juga tak masalah. Semua asik-asik saja. Yang penting jangan mengeluh.

Yap, itu kunci utamanya. Puasa sudah seperjuangan sendiri. Ditambah ada balita. Sepanjang hari pula. Sungguh menguji kesabaran sekali. 

Namun semua itu bisa kok dilalui dengan baik. Asal itu tadi. Tidak mengeluh. Hal ini berdasarkan pengalaman saya yang selama Ramadan di rumah saja bersama si kecil.

Selain melakukan aktivitas terkait pekerjaan, aktivitas lainnya tentu bermain dengan si kecil. Agar si kecil tidak rewel maka saya ajak dia melakukan aktivitas yang menyenangkan. 

Berikut ini 3 aktivitas yang biasa saya lakukan bersama si kecil selama Ramadan.

1 . Membuat kue

Hampir setiap hari saya membuat kue atau makanan untuk buka puasa. Nah, pada saat membuat kue ini saya ajak si kecil terlibat. Namanya anak-anak pasti senang membuat gaduh dan kerusuhan. Agar tidak menggangu kegiatan saya, maka saya siapkan juga untuknya bahan-bahan membuat kue. 

Lalu meletakkannya di lantai. Dengan demikian ia akan asik dengan mainannya sendiri. Saya pun bisa dengan tenang membuat kue. Risikonya memang dapur menjadi berantakan dan acak-acakan. Tak apalah asal tidak merecoki kita.

2 . Merapikan tanaman

Seperti halnya membuat kue tadi. Aktivitas saya di rumah lainnya adalah mengurus tanaman. Nah, untuk kegiatan ini pun saya ajak serta si kecil. Wah, kegiatan mengurus tanaman cukup menyita waktu juga. Kalau si kecil tak diajak bisa rewel karena terlalu lama diabaikan. Dengan mengajaknya mengurus tanaman maka urusan kita beres si kecil aman.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ramadan Selengkapnya
Lihat Ramadan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun