Mohon tunggu...
Erni Purwitosari
Erni Purwitosari Mohon Tunggu... Wiraswasta - Wiraswasta

Pesepeda dan pemotor yang gemar berkain serta berkebaya. Senang wisata alam, sejarah dan budaya serta penyuka kuliner yang khas.

Selanjutnya

Tutup

Diary Pilihan

Dari Kebiasaan Didongengkan, Tumbuh Minat Baca

20 Maret 2021   13:57 Diperbarui: 20 Maret 2021   14:20 176
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Picture by Jakartakita.com

Selamat Hari Dongeng Internasional (20 Maret 2021)

Ada catatan kecil yang ingin saya goreskan untuk Bapak di hari dongeng internasional. Dari bapak, saya mengenal cerita Sampek Engtay yang kemudian membawa saya menyukai buku cerita. 

Jika kebanyakan anak mengenal dongeng dari sang ibu. Saya justru sebaliknya. Bapaklah yang setiap malam mendongeng untuk saya sebelum tidur.

Mungkin karena seharian sudah bekerja dan baru memiliki waktu bersama anak pada malam harinya. Maka setiap malam menjelang tidur, bapak yang menemani kami tidur sambil mendongeng apa saja sampai kami terlelap.

Ada dongeng tentang Buto Ijo, Si Kuncung bahkan tentang Sampek Engtay. Nah, dongeng yang paling kami sukai adalah Sampek Engtay. Mungkin karena ada penjelmaan sepasang kupu-kupu kuning yang membuat saya kecil terpesona. Rasanya kok magis sekali ya?

Picture by Wikipedia.com
Picture by Wikipedia.com

Namanya juga anak-anak. Pastinya suka yang ajaib-ajaib. Saya kecil kalau melihat sepasang kupu-kupu kuning langsung teringat cerita bapak tentang Sampek dan Engtay. Setelah besar dan mengetahui bahwa semua itu hanya dongeng semata, nyatanya saya tetap menyukai cerita Sampek Engtay sampai sekarang.

Dari kebiasaan didongengkan tersebut akhirnya saya senang membaca buku. Buku dongeng yang paling saya sukai adalah karya HC Andersen. Selanjutnya buku cerita anak-anak lainnya mengikuti perkembangan usia. Ada buku cerita Si Tini, Nina, Lima Sekawan, Trio Detektif dan sebagainya.

Seiring bertambahnya usia maka semakin bervariasi buku bacaan yang saya baca. Mulai dari majalah remaja, novel remaja sampai buku biografi. Semuanya memiliki keseruan tersendiri. 

Saya sungguh berterima kasih kepada bapak. Berkat bapak yang rajin mendongeng setiap malamnya, saya jadi tertarik dengan buku cerita. Yang pada akhirnya membawa saya menjadi anak yang gemar membaca. (EP)

Mohon tunggu...

Lihat Konten Diary Selengkapnya
Lihat Diary Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun