Mohon tunggu...
Erni Purwitosari
Erni Purwitosari Mohon Tunggu... Wiraswasta

Penulis "Ketika Srikandi Bersepeda," Biker, Rider, Odoper, Pegiat Budaya dan Pencinta Sejarah serta Penyuka Kuliner.

Selanjutnya

Tutup

Kuliner Pilihan

Mendoan, Obat Rindu akan Banyumas

20 September 2019   13:45 Diperbarui: 20 September 2019   13:54 57 3 2 Mohon Tunggu...

Rindu itu tak melulu antar dua insan. Bisa juga tentang suasana, daerah, dan makanan. Terkait makanan, ada satu makanan yang bisa mengobati kerinduan kita akan sebuah daerah. Yakni mendoan

Jika Anda berasal dari daerah Banyumas. Atau pernah singgah di daerah ini. Pasti tidak asing dengan yang namanya tempe mendoan. Inilah salah satu makanan khas daerah Banyumas.

Tempe berbalut tepung dengan ukuran lebar, digoreng setengah matang. Disajikan dengan satu piring sambal kecap atau cabai rawit. Dimakan hangat-hangat. Nikmatnya sampai ke hati. Apalagi makannya bersama pujaan hati.

Jadi, rindu dengan pujaan hati atau rindu daerah Banyumasnya nih? Keduanya. Jiaaaahhh....

Bebas saja mau rindu dengan siapa pun. Namun jika rindu akan Banyumas, bisa kuliner tempe mendoan. Di Jakarta sudah bisa kita temui para penjual tempe mendoan.  Jadi tak perlu jauh-jauh ke Banyumas. Cukup nikmati tempe mendoan hangat dan rasakan sensasinya.

Tetapi jika ada kesempatan, bisa berkunjung kembali ke daerah Banyumas. Daerah yang juga dikenal dengan bahasa ngapaknya. 

Duh, saya jadi rindu kamu kan? Eh, rindu Banyumas. Semoga suatu hari nanti bisa berkunjung ke sana lagi. Menikmati tempe mendoan di daerah asalnya sambil mendengarkan riuh rendah obrolan masyarakatnya dalam bahasa ngapak. (EP)

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x