Mohon tunggu...
Deni Darmawan
Deni Darmawan Mohon Tunggu... Dosen - Ikatlah Ilmu Dengan Tulisan - silahkan berkunjung ke www.denidarmawan.id

- Penulis Buku Menulis itu Gampang, Kreativitas Menulis Kaum Rebahan, Legenda Sang Dakwah - Penulis buku dan artikel populer di Media Massa - Nominator dan Penerima Hibah Penelitian Kemenag RI Moderasi Beragama tahun 2021. - Dosen dan Tutor Online Agama Islam Univ. Pamulang dan Univ. Terbuka

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Ajaran Islam tentang Cinta Tanah Air

30 September 2022   16:00 Diperbarui: 30 September 2022   16:00 53 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Deni Darmawan saat isi khutbah di Masjid Darul Ulum Pusat Kampus Unpam (dokrpi)

Oleh : Deni Darmawan

Masjid Darul Ulum Pusat Kampus Universitas Pamulang kembali menggelar salat Jumat pada Jumat (23/8/2022). Deni Darmawan sebagai khatib menyampaikan khutbahnya dengan judul Ajaran Islam Tentang Cinta Tanah Air.

Dalam khutbahnya, Deni menyampaikan proses perjuangan kemerdekaan Indonesia yang tidak mudah. "Para pahlawan kita telah menumpahkan darah bahkan nyawanya untuk kemerdekaan Indonesia. Pengorbanan para pahlawan dalam melawan penjajah selalu digaris terdepan. Membela tanah air sebagai cinta tanah air adalah bagian dari iman. Hubbul wathon minal iman," jelas Deni.

Kemerdekaan yang diperoleh merupakan rahmat dari Allah SWT. "Atas berkat dan rahmat Allah, kemerdekaan bisa diraih. Atas pertolongan-Nya, para pahlawan berhasil mempertahankan Indonesia dari berbagai bentuk penjajahan. Indonesia adalah negara yang kaya akan rempah-rempah. Negara kepulauan nan indah. Penjajah tidak henti untuk memperebutkan Indonesia. Alhamdulilah, atas rahmat Allah SWT Indonesia merdeka, " ungkap Deni.  

Ajaran Islam sangat komprehensif.  Islam juga mengajarkan agar cinta tanah air karena bagian dari iman. "Cinta tanah air adalah bagian dari ajaran agama. Sebagai bentuk cinta tanah air, kita harus meneladani Rasulullah. Hadits dari Ibnu Abbas yang diriwayatkan oleh Ibnu Hibban. Rasul bersabda, alangkah baiknya engak (mekkah) sebagai sebuah negeri dan negeri yang aku cintai. Seandaianya kaum tidak mengusirku dari engkau niscaya aku tidak akan tingga di negeri selainmu," jelasnya.

Sebagai implementasi cinta kepada tanah air adalah bersyukur atas semua nikmat yang diberikan. "Sebagai rasa syukur itu, sudah sepantasnya kita tingkatkan iman dan takwa kepada Allah SWT. Setiap pribadi dan anak bangsa, hendaknya menjadi pribadi mulia dan bertakwa. Indonesia adalah mayoritas muslim terbesar di dunia. Beragam agama, budaya dan etnis ada di Indonesia. Allah menjadikan setiap manusia bersuku-suku, berbangsa-bangsa, namun yang paling mulia disisi Allah adalah orang yang bertakwa. Sebagaimana tertera dalam surat al-Hujurat ayat 13," terangnya Deni yang juga aktif membimbing mahasiswa dalam program Kampus Unpam Mengaji (KUM).

Selain bersyukur, sebagai bentuk cinta kepada tanah air adalah merawat dan mempertahankan kemerdekaan dengan hal positif. "Sebagai anak bangsa, kita rawat Indonesia dengan selalu menjaga persatuan dan kesatuan. Indonesia adalah bangsa yang besar. Tidak mudah kita memperoleh kemerdekaan. Sebagai anak bangsa, sudah seharusnya kita mengedepankan sikap saling menghormati dan menghargai. Rawatlah negeri ini dengan kasih sayang. Jangan saling membenci. Gegara beda partai, beda seragam, beda fans bola, tapi sesama anak bangsa malah tawuran dan berkelahi. Saatnya anak bangsa saling unjuk gigi untuk terus berprestasi dan memperbaiki diri," tutupnya.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan