Mohon tunggu...
Deni Darmawan
Deni Darmawan Mohon Tunggu... Dosen - Ikatlah Ilmu Dengan Tulisan

Dosen Univ. Pamulang dan FKIP UT. Nominator dan Penerima Hibah Penelitian Moderasi Beragama Kemenag RI 2021. Founder Komunitas Belajar Menulis (Kombis)

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Menulis Hasil Seminar, Banyak Manfaatnya

23 Mei 2022   12:00 Diperbarui: 23 Mei 2022   12:52 58 3 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Kiri : Riza dan Putri (Dokpri)

Begitu banyak manfaat dari menulis itu, hal ini disampailkan oleh Riza Praditya dan Putri Erinka, keduanya adalah mahasiswa Universitas Pamulang Prodi Sastra Indonesia.

Bagi Riza dan Putri, ini adalah pengalaman pertamanya menjadi penulis seminar nasional yang diselenggarakan oleh PT. Generos yang bekerjasama dengan Yayasan Akses Sehat pada Sabtu-Minggu (21-22/5/2022).

Selama dua hari itu Riza dan Putri memperoleh pengalaman yang sangat berharga. Selama ini, keduanya hanya belajar teori tentang menulis di kelas, ketika menjadi penulis seminar nasional, keduanya langsung terjun menulis apa yang disampaikan oleh para narasumber.

Riza dan Putri menulis hasil semua materi yang disampaikan oleh narasumber. Setelah menulis, keduanya diberikan kesempatan untuk menulis semua dan merevisi kembali. Hasil tulisan mereka akan menjadi hasil diskusi sesama peserta dan disampaikan kembali ke forum dengan menggunakan power point.

Riza dan Putri sangat bersyukur mendapat pengalaman ini. Pasalnya, ini adalah pengalaman pertama menulisnya dalam sebuah acara yang cukup besar. Hanya Riza dan Putri saja yang dipilih dan ditugasi untuk menulis hasil seminar nasional.

Peserta Seminar (Dokpri)
Peserta Seminar (Dokpri)

Selain itu, keduanya juga mendapat relasi dan teman baru. Semua menjadi kebutuhan mereka difasilitasi. Keduanya menginap di hotel Grand Zuri, mendapat buku tulis, buku bacaan, plakat, sertifikat, dan mendapat uang transport. Riza dan Putri tak mengira, bahwa manfaat menulis itu benar-benar banyak keuntungannya.

Deni Darmawan yang menjadi dosen dan founder Komunitas Belajar Menulis (Kombis), selalu memberikan kesempatan kepada anak didiknya agar bisa mencari pengalaman menulis di luar. Apapun itu, baik pelatihan, seminar, workshop kepenulisan atau ditugasi menulis seperti ini, maka jangan takut untuk mencoba. Pengalaman akan menjadi guru terbaik dalam hidup kita.

Riza dalam penuturannya, mengucapkan terima kasih karena telah diberikan kesempatan untuk bisa bergabung dalam forum ilmiah tersebut. Putri sempat melakukan chat ke Deni, untuk menanyakan tips cara menulis seminar.

Deni memberikan pengalaman dan tips untuk keduanya, agar setiap seminar, pelatihan, workshop, ikatlah ilmu dengan menulis dan publikasikan dalam media seperti blog atau media lainnya seperti Kumparan, Retizen Republika, Kompasiana dan sebagainya.  Sehingga manfaatnya akan dirasakan oleh masyarakat luas.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Edukasi Selengkapnya
Lihat Edukasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan