Mohon tunggu...
Denesa Elca Girsang
Denesa Elca Girsang Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

A dreamer who gives her life to praise the Lord

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno

Cegah Stunting Demi Generasi Amazing! KKN UNDIP Edukasi Ngemplak Simongan Melalui Pemutaran Video "Cegah Stunting, Capai SDM Berkualitas"

10 Agustus 2022   14:50 Diperbarui: 10 Agustus 2022   15:05 93 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Sosialisasi dan Pemutaran Video "Cegah Stunting, Capai SDM Berkualitas" (Dokpri)

Ngemplak Simongan, Semarang Barat (17/7/2022) - Mahasiswa Tim KKN II 2021/2022 UNDIP berkesempatan menjalankan program edukasi stunting kepada warga yang beberapa diantaranya juga berperan sebagai kader Posyandu di RW 5 Ngemplak Simongan.

Dalam jangka panjang, stunting dapat menghambat pertumbuhan ekonomi dan menurunkan produktivitas pasar kerja sehingga mengakibatkan kerugian ekonomi sebesar 2 - 3 % dari PDB pertahun atau sebesar Rp 388T per tahun (Kepala Bappenas, 2018 dalam channel Youtube Narasi, 2022). Oleh karena itu, penurunan prevalensi stunting pada balita menjadi agenda utama pemerintah RI. Dimana angka prevalensi stunting nasional saat ini berada pada 24,4% (stunting.go.id) dan diharapkan mengalami penurunan hingga 14% pada 2024 nanti.

Stunting adalah kondisi gagal tumbuh pada anak balita akibat kekurangan gizi pada 1000 Hari Pertama Kehidupan (HPK). Berdasarkan survey dan wawancara yang dilakukan dengan Ketua RW, stunting yang ada di RW 5 berada pada zero case. Meskipun demikian, harus tetap dilakukan pengontrolan sebagai tindakan pencegahan kasus stunting di Kelurahan Ngemplak Simongan, khususnya RW 5. Maka sebagai agent of change, mahasiswa UNDIP membuat suatu program edukasi pencegahan stunting sebagai salah satu tindakan penyiapan Sumber Daya Manusia yang lebih baik, yang kemudian dapat membantu pemerintah menurunkan prevalensi stunting nasional hingga 14% pada tahun 2024. Adapun program ini dikemas dalam bentuk sosialisasi bertempat di balai RW 5 Kelurahan Ngemplak Simongan dengan dihadiri oleh Ketua dan Wakil RW 5 Ngemplak Simongan, serta perwakilan tiap RT - nya. Program ini diawali dengan menayangkan video edukasi berjudul "Cegah Stunting, Capai SDM Berkualitas" yang berdurasi sekitar 4 menit 14 detik. Video ini memuat gambaran umum mengenai stunting seperti pengertian stunting, gejala, penyebab, pencegahan, dan cara mengatasinya sebagai pengenalan kepada peserta. Selain itu, dalam video ini juga dipaparkan mengenai kaitan stunting dalam mencapai SDM yang berkualitas. Setelah penayangan video, kemudian diberikan kesimpulan dan penekanan pada pentingnya mencegah stunting di RW 5 untuk persiapan SDM yang lebih berkualitas.

Program Edukasi Cegah Stunting Sebagai Tindakan Penyiapan SDM lebih berkualitas (Dokpri)
Program Edukasi Cegah Stunting Sebagai Tindakan Penyiapan SDM lebih berkualitas (Dokpri)

Program Cegah Stunting terlaksana dengan baik, juga turut mendapat perhatian dan antusiasme dari peserta yang menghadiri kegiatan sosialisasi ini. Maka dengan terlaksananya program ini, diharapkan masyarakat di Kelurahan Ngemplak Simongan, khususnya RW 5 tetap mempertahankan prestasinya akan zero case stunting baik untuk saat ini maupun masa yang akan datang, sehingga dapat menciptakan generasi yang siap untuk menantang masa depan.

Penulis : Denesa Elca H. Girsang (S-1 Teknik Industri - Tim KKN II 2021/2022 UNDIP)

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan