Mohon tunggu...
Dendy LisnaWansyah
Dendy LisnaWansyah Mohon Tunggu... Mahasiswa Politik dan Pemerintahan

Mahasiswa Universitas Diponegoro

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Dukung Transparansi Pemerintahan Desa, Mahasiswa Undip Inisiasi Website Desa

14 Agustus 2020   15:55 Diperbarui: 14 Agustus 2020   16:32 4 0 0 Mohon Tunggu...

Tanggo Raso, Bengkulu Selatan (04/08/2020). Di era digital seperti sekarang ini, arus informasi sangat cepat berkembang. Berbagai teknologi informasi dan komunikasi silih berganti menjadi semakin canggih saja. Zaman telah berkembang pesat. Saat ini semua elemen kehidupan telah terkoneksi dengan teknologi canggih. Sebut saja diantaranya transportasi online, belanja online, bahkan pekerjaan online seperti youtuber. Era saat ini disebut dengan era 4.0.

Era 4.0 telah mendisrupsi berbagai macam sektor kehidupan. Dari sektor ekonomi hingga sektor politik. Sektor ekonomi sendiri kita bisa melihat banyak pekerjaan bermunculan dengan berbagai perkembangan teknologi seperti saat ini, tak ada yang menyangka seorang ibu-ibu yang mempunyai hobi masak dapat menjual masakannya tanpa dia mempunyai kedai atau tempat berjualannya sendiri. namun sekarang ibu-ibu itu dapat menjual masakannya hanya memasarkannya dari rumah. Tak ada yang menyangka seorang pembuat video di youtube dapat menghasilkan uang dengan cepatnya.

Perkembangan ini menjalar kedalam sektor politik dan pemerintahan. suatu pemerintahan yang mempunyai peran dan fungsi melayani masyarakat, membuat kebijakan, memajukan kehidupan masyarakat. Pemerintah dipercayai masyarakat untuk mengatur uang pajak rakyat, menjalankan amanah mereka, serta banyak hal lainnya. oleh karena itu transparansi dan akuntabilitas dari amanah yang telah diberikan oleh masyarakat kepada pemerintah haruslah dijalankan dengan baik.

Perkembangan teknologi sangat membantu kinerja pemerintah dalam hal transparansi publik. salah satunya adalah website informasi pemerintahan. website ini dapat dijadikan sebagai corong arus informasi pemerintah kepada masyarakat, dapat berupa informasi kebijakan, pengaturan keuangan, atau aktifitas yang dilakukan para pejabat pemerintah tersebut. Di era sekarang bahkan seluruh lembaga pemerintahan diwajibkan untuk membuat website pemerintahan. hal ini ditujukan untuk membentuk pemerintahan yang baik atau good governance. Website dapat menjadi transparansi dan akuntabilitas pemerintah. dari website tersebut masyarakat dapat melihat dan mengawasi kinerja pemerintah tersebut.

Namun di era yang serba canggih ini, tidak dapat dipungkiri masih banyaknya lembaga-lembaga pemerintahan yang belum membuat website sebagai wadah transparansi dan akuntabilitas dari kinerja pemerintahan. hal ini banyak menyebabkan terjadinya terputusnya informasi dari pemerintah dengan masyarakat sehingga menyebabkan kekacauan publik bahkan sampai tingkat kepercayaan masyarakat pemerintah sangat minim.

Kondisi diataslah yang menyebabkan seorang mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Universitas Diponegoro Semarang terpantik untuk menginisiasi pembuatan website di desanya sendiri. memang tak dapat dipungkiri salah satu lembaga pemerintahan adalah pemerintahan desa, dan bisa kita temui di berbagai pemerintahan desa di indonesia masih banyak yang belum menerapkan sistem transparansi yang baik. salah satunya di Desa Tanggo Raso Kecamatan Pino Raya Kabupaten Bengkulu Selatan. Desa ini belum mempunyai website dan arus informasi desa masih dilakukan dengan cara-cara tradisional kekeluargaan seperti musyawarah desa.

Tentu hal budaya-budaya seperti itu haruslah kita jaga, namun tak ada salahnya jika arus informasi pemeritahan desa kita tambah. Mengigat era saat ini sudah sangat mendukung sekali untuk diterapkannya sistem transparansi online contohnya menggunakan website desa.

Hal inilah yang mendasari Dendy Lisna Wansyah,mahasiswa ilmu pemerintahan Undip ini untuk menginisiasi website desa Tanggo Raso. “website ini sebagai sarana transparansi desa tanggo raso untuk menyampaikan berbagai kebijakan atau apapun itu yang dilakukan oleh pemerintahan desa” ujar Dendy.

Apalagi ditengah pandemic covid-19 seperti sekarang ini transparansi informasi sangatlah penting. Salah satunya mengenai berbagai kebijakan bantuan sosial pemerintah pusat yang disalurkan lewat pemerintahan Desa. Contohnnya Bantuan Langsung Tunai (BLT) yang menjadi polemik dari berbagai masyarakat desa. Dendy melihat hal ini terjadi karena kurang jelasnya informasi yang mereka terima. “website desa adalah corong yang memperjelas berbagai informasi dari pemerintah pusat, provinsi, maupun kabupaten yang berkaitan dengan desa. Hal ini penting untuk menghindari kekacauan, apalagi kita melihat banyaknya pemerintahan desa yang di demo oleh masyarakatnya terkait penerima Bantuan Langsung Tunai dari kemensos itu” kata Dendy.

“Website Desa Tanggo Raso telah selesai dibuat dan sudah dapat dioperasionalkan. Tentu harapan kedepannya pemerintahan desa ini semakin baik, arus informasi semakin jelas, kepercayaan masyarakat meningkat, dan transparansi dan akuntabilitas perangkat desa bisa terlihat. Jauh dari ini semoga pemerintahan desa semakin menuju tata kelola pemerintahan yang baik” ujar Dendy

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x