Mohon tunggu...
Dendy Kurniawan
Dendy Kurniawan Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

hoby adalah olahraga dan berdiskusi

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Warna-warni Dusun Sukarejo Kedung Jeruk

28 Juli 2022   01:02 Diperbarui: 28 Juli 2022   01:05 76 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Kedatangan ku berpinjak didesamu begitu menyajukan hatiku, entah dari manapun ketika aku ingin pergi dari desa ini berasa berat sekali, ingin sekali lagi tinggal disana dan mengukir sejarah tentang kenangan yang indah. 

Tak kuasa kerinduan ini tertahankan untuk selamanya, berlinanglah air mata yang terus menetes seperti turunnya rintikan air hujan diangkasa. Hari demi hari telah kita lewati bersama, dari segi kehidupan sosial, segi kerukunan beragama, dan segi pengajaran.

Dokpri
Dokpri
Segi kehidupan sosial adalah kehidupan yang didalamnya terdapat unsur-unsur sosial kemasyarakatan. Sebuah kehidupan ialah kehidupan sosial jika disana terdapat interaksi antara individu dengan individu yang lain, sehingga akan mudah terjalinnya komunikasi yang baik antar sesama. Manusia tidak bisa hidup sendiri dari segi manapun, manusia selalu hidup berdampingan dengan manusia lain. 

Kehidupan sosial didusun sukarejo sangat menyenangkan, apalagi terlihat bahwa guyup rukun antar anggota karang taruna sangat erat sekali, dari usia remaja hingga usia dewasa masih terjalin dengan baik tanpa memandang seluk beluk.

Dokpri
Dokpri
Segi kerukunan beragama ialah keadaan hubungan antara umat beragama yang dilandasi toleransi, saling menghormati dan saling pengertian dalam pengamalan ajaran beragama serta kerjasama dalam bermasyarakat. Seperti halnya yang dilakukan oleh ormas islam didusun sukarejo yang meliputi NU, Muhammadiyah, MTA,  Dan LDII. 

Dari ke empat ormas islam ini mereka memiliki kepercayaan pandangan masing-masing tentang kegiatan beragama islam. Misalkan ormas islam muhammadiyah didusun sukorejo mereka melakukan pengajian rutinan setiap malam selasa, kegiatan ini bertujuan untuk melatih bapak-bapak atau ibu-ibu supaya bisa membaca Al Qur'an dan megetahui isi kandungan dalam Al Qur'an.  

Dokpri
Dokpri
 

Segi pengajaran ialah suatu metode aktifitas yang dilakukan dalam proses mengajar dan belajar. Dalam melakukan kedua aktivitas ini telah banyak dilakukan oleh para guru, toko masyarakat, ustadz atau ustazah, dan kakak-kakak mahasiswa kkn. 

Sebagai contohnya ialah kegiatan bimbel ceria didusun sukarejo, kegiatan bimbel ceria dilakukan untuk memberikan suatu pemahaman kepada anak-anak supaya mereka bisa memiliki wawasan yang luas dalam berpikir. 

Dari sinilah kami mahasiswa kkn terus berupaya dalam menyampaikan sebuah aspirasi bahwa pendidikan itu perlu, tanpa pendidikan kita tidak akan bisa menjadi apa-apa.  

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan