Mohon tunggu...
Muhammad Dendy
Muhammad Dendy Mohon Tunggu... Seniman - menulis adalah obat hati

"saya adalah orang yang selalu ingin belajar dan selalu ingin mengembangkan segala potensi yang ada dalam diri saya"

Selanjutnya

Tutup

Politik Artikel Utama

Tokoh-tokoh Paling Berpeluang pada Pilpres 2024

7 Agustus 2019   18:30 Diperbarui: 9 Agustus 2019   04:40 20610
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ridwan Kamil dan Sandiaga Uno. (instagram @sandiuno)

2024 akan sama dengan Pilpres 2004 dan 2014, jika dilihat dari angka 4 di akhirannya kok ada memiliki kesamaan ya. Eits kali ini saya bukan mau melulis soal cocoklogi hehe,.tapi kesamaan pilpres 2024 nanti dengan kedua Pilpres yang sudah kita lalui meskipun pada Pilpres 2004 saya belum memiliki hak pilih dimasa itu.

Baiklah jika bukan membahas cocoklogi pilpres 2024 dengan kedua pilpres sebelumnya yaitu pilpres 2004 dan 2014, maka saya akan bahas apa?

Pembahasannya adalah kesamaannya adalah pilpres 2024 nanti akan mulai dari nol dimana sang pertahana dalam hal ini Jokowi dapat dipastikan tidak dapat maju kembali pada Pilpres 2024 mendatang, sama ketika SBY yang sudah tidak bisa maju kembali pada Pilpres 2014 silam.

Jadi pilpres 2024 akan sangat-sangat menarik dan saya pastikan akan bertabur dengan rising star baru alias tokoh-tokoh muda yang akan mulai mencuat dalam peta perpolitikan nasional, di periode kedua jokowi selama 5 tahun kedepan dapat saya pastikan akan mencuat nanti nama-nama baru dalam peta politik nasional.

Jika aturan ambang batas 20 persen dukungan partai untuk capres benar akan dihapuskan tentu persaingan akan jadi sangat menarik, menurut saya pribadi aturan ambang batas 20 persen dukungan partai untuk capres terasa menghambat calon-calon potensial dan lahirnya calon-calon politis, di mana tarik menarik dukungan partai jadi yang utama dalam hal pencapresan.

Baiklah dalam tulisan kali ini saya akan memprediksi tapi bukan prediksi sih tapi analisa saya terhadap calon-calon potensial yang berpeluang maju pada pilpres 2024 mendatang.

Prabowo Subianto

Vertikal Prabowo. Liputan6.com/Johan Tallo
Vertikal Prabowo. Liputan6.com/Johan Tallo

Meksipun kalah pada 3 pilpres sebelumnya, rasanya hal sulit menyingkirkan nama prabowo pada pilpres 2024 mendatang karena dengan modal elektabilitas 45 persen pada pilpres 2019 serta popularitas yang tinggi, saya rasa tokoh senior sekelas Prabowo masih cukup berpotensi untuk maju kembali pada Pilpres 2024.

Apalagi rekonsiliasi Antara prabowo dan megawati sudah terjadi kembali beberapa waktu lalu, jika menilik sejarah hubungan prabowo dan megawati cukup erat apalagi ketika pilpres 2009 hubungan keduanya amat mesra bak suami istri.

Ada dua kemungkinan yang terjadi pada maju atau tidaknya prabowo pada pilpres 2024 mendatang.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7
Mohon tunggu...

Lihat Konten Politik Selengkapnya
Lihat Politik Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun