Mohon tunggu...
Muhammad Dendy
Muhammad Dendy Mohon Tunggu... Seniman - menulis adalah obat hati

"saya adalah orang yang selalu ingin belajar dan selalu ingin mengembangkan segala potensi yang ada dalam diri saya"

Selanjutnya

Tutup

Politik Pilihan

Prabowo dan Gatot Nurmantyo Bersebelahan di HUT Kopassus ke-66, Kode Pilpres 2019?

16 April 2018   22:57 Diperbarui: 16 April 2018   23:14 1388 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Prabowo dan Gatot Nurmantyo Bersebelahan di HUT Kopassus ke-66, Kode Pilpres 2019?
Kebersamaan mantan Kasum TNI Letjen Suryo Prabowo, Mantan Pangkostrad Letjen Prabowo Subianto, serta Mantan Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo, pada HUT Kopassus ke-66 Cijantung, Jakarta Timur (Detik.com/J.S.Prabowo Twitter)

Misteri siapa cawapres Prabowo dan Prabowo king maker, menjadi isu hangat yang secara bersamaan kedua isu sama kuatnya mengemuka di permukaan ruang publik. Tarik ulur siapa cawapres Prabowo serta diikuti isu berbalik arah dukungan Gerindra mendukung calon alternatif diluar prabowo, seakan menjadi misteri politk terbesar hingga kini.

Berkaca pada pilkada DKI Jakarta 2017, dimana Gerindra yang pada awalnya mendukung penuh kadernya Sandiaga uno sebagai calon Gubernur DKI Jakarta, pada awalnya dukungan Gerindra terhadap Sandiaga yang dilakukan pada juni 2016 diyakini oleh publik sudah kuat akan bertahan hingga pergelaran pilkada DKI Jakarta 2017 berjalan.

Ternyata episode manuver Gerindra tak berhenti disitu, seketika publik kaget dimana pada September 2016 Gerindra secara mengejutkan mengalihkan dukungannya terhadap Anies Baswedan yang notabene adalah tokoh ujung tombak dibalik pemenangan Jokowi pada Pilpres 2014.

Posisi Anies yang maju sebagai Cagub Gerindra bersama PKS, seketika mengentakkan berbagai prediksi publik yang awalnya memprediksi Sandiaga dan Yusril adalah dua nama penantang Ahok yang akan keluar dikala itu.

Turunnya posisi Sandiaga Uno yang sudah selama setahun berkampanye sebagai Cagub menjadi Cawagub, tentu membuat ribuan tanda tanya. Gerindra memang partai yang melakukan manuver cukup mengejutkan dikala itu, sekaligus membuat Gerindra disebut partai dengan strategi politik last minute alias perubahan dukungan pada detik akhir pendaftaran calon.

Berbicara Pilpres 2019, mungkinkah Gerindra menggunakan strategi yang serupa Pilkada DKI Jakarta 2017? Mungkin saja, karena meskipun medan pertarungan Pilpres jauh lebih raksasa dibandingkan dengan Pilkada DKI Jakarta 2017. Strategi menghentakkan pada detik akhir bisa saja menjadi alat strategi pemenangan Gerindra pada pilpres 2019.

Kekalahan Gerindra pada pilpres 2014 tentu akan menjadi alat evaluasi yang cukup untuk Gerindra membuat strategi lebih canggih kedepannya.

Antara Prabowo dan Gatot Nurmantyo

Senin 16 april 2018 yang bertepatan dengan tanggal artikel ini saya tulis, ada pemandangan yang menurut saya akan terlihat biasa jika tidak dalam tahun politik, tetapi akan jadi luar biasa jika terjadi dalam tahun politik.

Mengapa saya sebut pemandangan biasa jika tidak dalam masa tahun politik? Karena pemandangan kebersamaan antara Letjen. Suryo Prabowo, Letjen. Prabowo Subianto dan Jenderal Gatot Nurmantyo dalam menghadiri hut kopassus ke- 66 adalah pemandangan biasa karena ketiganya adalah sama-sama  tokoh yang pernah mendapatkan brevet Kopassus serta berpengaruh dalam kesatuan kopassus. Jadi jika tidak dalam suasana tahun politik pemandangan itu adalah hal yang wajar karena ketiganya sama-sama warga kehormatan kopassus.

Tetapi dalam tahun politik pemandangan tersebut bisa menjadi hal-hal yang membuat banyak asumsi publik. Dimana ditengah misteri Prabowo "king maker" dan cawapres Prabowo yang masih mengundang tanda tanya besar dalam opini publik. Kebersamaan ketiga tokoh penting militer sekaligus kopassus tersebut dapat dikaitkan dengan  perhelatan  Pilpres 2019.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Politik Selengkapnya
Lihat Politik Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x
LAPORKAN KONTEN
Alasan