Mohon tunggu...
Denata
Denata Mohon Tunggu... wiraswasta

perempuan cerdas tidak hanya harus berpendidikan namun juga mampu menggunakan logika dan rasionalitas dalam menyingkapi sebuah isu. Broaden knowledge and be critical

Selanjutnya

Tutup

Kisah Untuk Ramadan Pilihan

Menjelang Lebaran Berbelanjalah Kebutuhan Bukan Keinginan

7 Mei 2021   16:34 Diperbarui: 7 Mei 2021   16:36 434 3 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Menjelang Lebaran Berbelanjalah Kebutuhan Bukan Keinginan
sumber gambar finansialku.com

Kegiatan berbelanja menjelang hari raya Idul Fitri memang bukan hal yang unik. Sudah menjadi tradisi tahunan bagi umat Muslim di Indonesia untuk mendatangi pusat perbelanjaan. Namun, di tengah sukacita lebaran kita juga harus ingat bahwa saat ini pandemi belum berakhir. Masyarakat yang datang memadati pusat belanja hanya akan menjadi awal mula dari klaster baru. 

Lebaran di tengah pandemi tidaklah sama dengan lebaran di tahun-tahun normal sebelum pandemi. Terlebih lagi kemunculan beberapa varian baru Covid-19 patut untuk diwaspadai. Jangan sampai Indonesia seperti India, adanya varian baru, kerumunan yang tidak terbendung menciptakan tsunami Covid-19. Karenanya kita harus melakukan penyesuaian. Jangan sampai sebuah tradisi sukacita menyambut  lebaran justru membuat lupa akan pandemi dan membuat gelombang baru Covid-19.  

Kegiatan konsumtif saat lebaran memang berdampak baik bagi ekonomi secara nasional. Tapi hal terbaik yang harus dilakukan adalah melakukan kegiatan yang terkendali agar tidak memperburuk keadaan. Ancaman penularan Covid-19 masih ada dan sungguh nyata. Jangan sampai kita mengalami pandemic fatigue, dimana karena persepsi, emosi yang dirasakan menyambut lebaran menjadi lupa dan abai dengan protokol kesehatan.

Selain taat dengan protokol kesehatan, kita juga harus memiliki pengendalian diri untuk membeli kebutuhan lebaran. Kemampuan diri untuk menekan ego dan membatasi belanjaan harus diterapkan. Oleh karena itu, kita harus tahu apa yang benar-benar dibutuhkan dan mana yang hanya menjadi keinginan semata. 

Kebutuhan atau Keinginan?

sumber gambar popmama.com
sumber gambar popmama.com

Belajar dari tahun ke tahun, jika kita tidak mampu mengelola keuangan dengan baik akan membuat kekurangan. Jangan sampai uang habis untuk belanja yang sebenarnya tidak semuanya dibutuhkan saat lebaran. Dalam hal ini penting bagi kita untuk memperhatikan kebutuhan utama dibanding dengan keinginan belaka.

Pakaian Baru

Sebagian besar masyarakat menganggap pakaian baru adalah keharusan ketika merayakan lebaran. Tapi pakaian bukanlah kebutuhan utama untuk merayakan sukacita lebaran. Tidak ada keharusan untuk menggunakan pakaian baru, asalkan  pakaian yang digunakan bersih dan pantas pakai. Jika kita memiliki banyak pakaian bagus dan layak pakai, tetapi masih juga bersikeras membeli pakaian baru, hal inilah yang menjadi keinginan semata.

Lain halnya jika tidak memiliki pakaian yang layak, semisal sudah robek dan tidak bisa dijahit ulang, maka belanja pakaian bisa menjadi kebutuhan. Seandainya harus membeli, bisa memanfaatkan promo atau diskon agar tidak mengeluarkan uang secara berlebihan. Tapi sebaiknya kita gunakan pilihan belanja secara online agar tidak berkerumun dan menumpuk di pusat perbelanjaan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN