Mohon tunggu...
Denata
Denata Mohon Tunggu... wiraswasta

perempuan cerdas tidak hanya harus berpendidikan namun juga mampu menggunakan logika dan rasionalitas dalam menyingkapi sebuah isu. Broaden knowledge and be critical

Selanjutnya

Tutup

Kisah Untuk Ramadan Pilihan

Berbuat Baik Secara Online di Era Digital

6 Mei 2021   18:03 Diperbarui: 6 Mei 2021   18:05 389 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Berbuat Baik Secara Online di Era Digital
sumber expoknews.com

Berbuat baik adalah kosakata yang sudah tidak asing lagi bagi kita. Segala perbuatan yang memberikan manfaat untuk orang lain adalah perbuatan baik. Berbuat baik itu banyak jenisnya, hal-hal kecil seperti membukakan pintu untuk orang lain sudah dihitung sebagai suatu kebaikan.

Terbatasnya aktivitas di luar rumah saat pandemi, membuat kita berpikir bagaimana cara untuk berbuat baik kepada orang lain tanpa harus melakukan kontak fisik. Jangan lupa, kita hidup di zaman modern dimana cara konvensional telah berubah menjadi digital. Tidak ada yang bisa menghalangi niat untuk berbuat baik meskipun pandemi atau saat di rumah saja. 

Adanya kemajuan teknologi telah mempermudah masyarakat untuk berbuat baik. Setiap orang bisa melakukan aktivitas kedermawanan dengan memanfaatkan akses internet.

Zakat dan Donasi Online

ilustrasi berdonasi dan berzakat secara online menggunakan ponsel, sumber news.detik.com
ilustrasi berdonasi dan berzakat secara online menggunakan ponsel, sumber news.detik.com

Bagi umat muslim istilah zakat tentu sudah kerap didengar. Zakat merupakan kewajiban bagi umat muslim dan biasanya diberikan setiap tahun. Zakat merupakan bagian dari rukun Islam. 

Selain itu ada syarat tertentu yang harus dipenuhi agar bisa memberikan sebagian harta untuk zakat. Zakat ada dua jenis, yaitu zakat fitrah yang dilakukan pada saat Ramadan, gunanya untuk membersihkan proses ibadah puasa yang sudah dijalani. Sedangkan zakat mal adalah zakat dari segala jenis harta seorang muslim yang perolehannya tidak bertentangan dengan agama.

Berbeda dengan donasi, sifatnya lebih sukarela dan dapat diberikan kepada siapa saja dan kapan saja. Tidak ada ketentuan minimal jumlah yang harus didonasikan. 

Donasi juga memiliki pengertian lebih umum. Segmentasinya tidak spesifik, dalam artian semua orang dengan latar belakang agama yang berbeda-beda dapat melakukan donasi. Tapi umat muslim juga dianjurkan untuk berdonasi demi kebaikan bersama.

Meskipun zakat dan donasi berbeda, tetapi memiliki tujuan yang sama, yaitu sama-sama memberikan manfaat kebaikan bagi saudara yang membutuhkan, sehingga dapat meringankan beban sesama manusia. Keduanya juga merupakan amal ibadah yang berperan penting bagi kesejahteraan umat.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN