Mohon tunggu...
Desynata Purnamasari
Desynata Purnamasari Mohon Tunggu... wiraswasta

perempuan cerdas tidak hanya harus berpendidikan namun juga mampu menggunakan logika dan rasionalitas dalam menyingkapi sebuah isu. Broaden knowledge and be critical

Selanjutnya

Tutup

Transportasi

Grab, Gairah Baru Bagi Daerah Tertinggal

4 Desember 2019   01:00 Diperbarui: 4 Desember 2019   01:08 0 0 0 Mohon Tunggu...
Grab, Gairah Baru Bagi Daerah Tertinggal
sumber liputan6.com

Ojek, siapa yang tidak kenal dengan profesi pekerjaan ini. Ojek telah mengalami perkembangan dari waktu ke waktu. Bahkan di era modern yang serba canggih, ojek pun menyesuaikan dengan perkembangan tehnologi yang ada. 

Terbukti dengan adanya ojek online, ojek kekinian yang saat ini dapat dipesan melalui aplikasi pada ponsel pintar alias smartphone dan sudah menyebar hampir di seluruh Indonesia.

Bagi penduduk yang tinggal di kota, ojek online merupakan hal yang biasa dan umum. Namun bagi saya yang tinggal di daerah yang jauh dari perkotaan, mendapati munculnya ojek online di sekitar saya merupakan suatu kelegaan yang luar biasa.

Awal Mula Mengenal Grab

Terletak di Sumatera Selatan, Kabupaten Muara Enim dapat ditempuh dalam waktu kurang lebih 5 jam dari kota Palembang, itupun harus melewati banyak area perkebunan sawit dan lokasi penambangan batubara. 

Meskipun sudah menyandang status kabupaten, pusat kotanya sendiri sangat kecil, bahkan jika kita berkeliling hanya menghabiskan waktu sekitar 10-15 menit saja.

Pusat perbelanjaan seperti Mall tidak ada sama sekali. Tempat kumpul bersama keluarga atau nongkrong dengan teman juga tidak tersedia. Yang lebih merepotkan lagi, saat kita membutuhkan transportasi umum, sudah menunggu berjam-jam alias ngetem tapi tidak ada satupun alat transportasi umum yang lewat.

Pertama kali saya menginjakkan kaki di Muara enim, sempat sangat shock karena tidak ada satupun transportasi seperti yang saya temui di kota. Ketika orang menyebut taxi, ternyata bukan taxi yang sering dijumpai di kota besar. Taxi di Muara enim adalah angkot dengan bak belakang terbuka tanpa jendela sisi kanan dan kiri, hanya bagian atas saja yang tertutup.

Sempat terbersit dalam hati, di zaman yang sudah mengalami modernisasi dimana semua hal dibuat serba praktis bahkan hanya perlu menggunakan satu jari, masih ada daerah yang belum tersentuh kemudahan tehnologi. Zaman internet sangat memungkinkan didapatnya informasi dengan mudah dan cepat. Bahkan layanan tranportasi sudah menyediakan jasa yang praktis.

Sempat beberapa bulan selalu mengeluh dengan suami, susahnya mendapatkan transportasi seperti ojek bahkan untuk mengantar anak ke sekolah. Sampai suatu hari kami melewati sebuah warung dan melihat ada tulisan Grab sudah ada di Muara enim. Sempat tidak percaya, mana mungkin ada ojek online yang mau masuk ke Muara enim. Tapi semakin kesini semakin sering melihat orang lalu lalang menggunakan jaket grab dan helm grab.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN