Mohon tunggu...
Denasya Ramadhan
Denasya Ramadhan Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

seseorang yang hobi menyalurkan perasaannya melalui sebuah tulisan

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Mahasiswa KKN-T IPB Sukses Berkolaborasi dengan Pramuka dan Scout Federation Membuat Acara Pesta Siaga Tahun 2022

6 Agustus 2022   23:28 Diperbarui: 6 Agustus 2022   23:32 142
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dalam rangka memperingati hari sungai nasional pada tanggal 27 Juli 2022, mahasiswa KKN-T IPB bersama dengan pramuka dan juga duta baca membuat sebuah acara pesta siaga tahun 2022. 

Acara ini dilaksanakan di tepi sungai Nusawiru dengan mengundang Kepala desa dan juga perangkat desa lainnya. Selain itu kegiatan ini dihadiri oleh anak sekolah SMA dan juga TK, serta mahasiswa KKN dari universitas lain, seperti KKN UNPAD, KKN UNPAS, KKN LLDIKTI. 

Kegiatan dimulai dengan sambutan-sambutan dari pihak pramuka dari tingkat kabupaten kemudian dilanjut dengan melakukan bersih bersih lingkungan sekitar. Kegiatan ini tidak memiliki rundown yang pasti dan semua berjalan hampir bersamaan sehingga untuk panitia kegiatan harus dibagi-bagi untuk pelaksanaan setiap kegiatannya. 

Penanaman mangrove dilaksanakan bersama anak anak SMA di kawasan mangrove Nusawiru. Selain itu mahasiswa KKN dan para pengurus pramuka bersamaan  memberikan pengajaran mengenai kebersihan dan pentingnya menjaga lingkungan kepada anak-anak TK. Pada siang hari juga terdapat perpustakaan keliling, bagi para peserta dapat meminjam buku ke perpustakaan keliling. Hadirnya perpustakaan keliling ini diharapkan meningkatkan kesadaran kepada para siswa mengenai pentingnya membaca.

dokpri
dokpri

Perlombaan kano juga dilakukan pada acara ini. Balap kano dilaksanakan sebagai salah satu acara untuk memeriahkan hari sungai nasional. Balap kano terdiri dari nomor tunggal dan ganda. Perlombaan berjalan cukup sengit karena merupakan perlombaan antar tiap dusunnya, peserta berasal dari perwakilan desa. Anak-anak KKN tidak mau kalah, perlombaan kano antar anak KKN menambah keseruan acara ini. 

Kegiatan selanjutnya adalah donor darah. Kegiatan ini dilaksanakan setelah bersih-bersih dan sesaat setelah balap kano dimulai. Donor darah bisa diikuti semua orang yang memenuhi persyaratan. 

dokpri
dokpri
Acara juga dimeriahkan dengan adanya panggung yang dibangun ditengah-tengah lapangan Nusawiru. Ada juga penampilan dangdut yang dilakukan oleh para biduan Pangandaran. Bagi para hadirin yang datang juga bisa ikut bernyanyi dan juga memberikan saweran kepada para biduan dan menjadi hiburan bagi penonton. 

"Seru banget acaranya, aku bisa ketemu teman dan juga kaka kaka mahasiswa lewat acara ini. Balap kanonya juga heboh banget sampai basah semua", ucap Rifa salah satu anak SMK Ma'arif Cijulang. Rabu (27/7/2022).

Acara ini tentunya dilaksanakan dengan lancar dan juga menjadi salah satu media bagi anak-anak sekolah untuk lebih peduli kepada lingkungannya dan juga meningkatkan jiwa kompetitif anak. Kegiatan ini juga bisa dilakukan setiap setahun sekali sebagai bentuk memperingati hari sungai nasional.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun