Mohon tunggu...
Demson Natanael Sihaloho
Demson Natanael Sihaloho Mohon Tunggu... Buruh - To find equilibrium

.

Selanjutnya

Tutup

Finansial Pilihan

Bisnis EWA Kian Masif, Jenis Fintech Apa Ini?

22 September 2021   00:34 Diperbarui: 22 September 2021   00:53 213 4 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Bisnis EWA Kian Masif, Jenis Fintech Apa Ini?
Sumber: www.lendacademy.com

Dalam satu atau dua tahun terakhir, model bisnis EWA (Earned Wage Access) mulai merambah ke Indonesia, bahkan saat ini startup (Perusahaan) yang bermain di bisnis EWA jumlahnya terus bertambah. 

Model bisnis EWA juga digadang-gadang akan menjadi pesaing Fintech P2P Lending atau Pinjaman Online (Pinjol). Benarkah?

Apa itu EWA?

EWA (Earned Wage Access) adalah suatu layanan yang memungkinkan penggunanya dapat mengakses gajinya lebih awal dari tanggal gajian. Artinya bahwa EWA adalah konsep bisnis B2B antara Perusahaan EWA dengan Perusahaan yang menggunakan jasa EWA. 

Jadi bila suatu Perusahaan bekerja sama dengan Perusahaan EWA, maka karyawan di Perusahaan tersebut dapat mengakses gajinya lebih awal sebelum tanggal gajian.

Contohnya begini, Karyawan bernama Fulan bekerja di PT XYZ dan PT XYZ ini telah bekerja sama dengan salah satu Perusahaan EWA di Indonesia. 

Tanggal gajian di PT XYZ adalah setiap tanggal 25. Si Fulan memiliki gaji sebesar 5 Juta Rupiah per bulan di PT XYZ. Lalu si Fulan mengambil gajinya sebagian pada tanggal 10 (sebelum tanggal gajian). Pencairannya dapat dilakukan ke rekening Bank atau ke E-Wallet si Fulan. 

Besaran gaji yang dapat diambil si Fulan adalah sebesar hari kerjanya si Fulan (Pro rata). Selanjutnya PT XYZ akan memotong gaji si Fulan, sehingga pada tanggal gajian, maka gaji si Fulan telah dipotong sebesar nilai yang telah diambil si Fulan sebelumnya.

Dari deskripsi di atas kita biasanya menyebut hal ini sebagai kasbon gaji atau berhutang ke Perusahaan lalu dipotong saat gajian. Dengan adanya Perusahaan EWA ini. 

Maka Perusahaan seperti PT XYZ tadi tidak perlu repot -- repot mengurusi hutang atau pinjaman karyawannya dikantor dan karyawan PT XYZ juga tidak perlu repot -- repot mencari pinjaman di tempat lain bilamana karyawan butuh dana darurat sebelum tanggal gajian.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x
LAPORKAN KONTEN
Alasan