Travel Story

"Traveling", Hobi yang Bukan Sekedar "Jalan-jalan"

21 April 2018   10:44 Diperbarui: 22 April 2018   13:18 330 0 0
"Traveling", Hobi yang Bukan Sekedar "Jalan-jalan"
dokumentasi pribadi

Setiap orang tentu memiliki hobinya masing-masing, sesuai dengan kesukaanya. Ada salah satu hobi yang menurut saya dan sebagian orang cukup mengasyikan yaitu hobi traveling. Walaupun banyak yang bilang jika traveling itu kegiatan yang hanya untuk menghambur-hamburkan uang, ajang pamer, dan menghabiskan banyak waktu serta tenaga. Namun ada juga yang bilang jika Traveling itu sekedar untuk merilekskan pikiran dari rutinitas yang membuat stres. Tetapi itu semua tegantung dari bagaimana kita menyikapinya.

Seperti salah satu kawan saya yang hobi sekali traveling bernama Laely Nur Kartika Sari atau yang sering panggil Tika. Menurut perempuan berumur 21 tahun ini Traveling itu kegiatan yang membuat kita lebih relax karena berbaur dengan alam sekitar, sehingga pikiran kita akan lebih fresh ketika melihat pemandangan dan menghirup udara alam yang masih segar. 

Bagi Tika, traveling itu bukan hanya sekedar kegitatan seru-seruan dan jalan-jalan saja, tapi perjalan yang memberi banyak pengalaman. Karena dari perjalanan itulah kita pasti melalui banyak kejadian-kejadian yang tak disangka, sehingga kejadian tersebut yang menjadikan pengalaman dan kenangan pada saat bertraveling.

Beberapa pengalaman yang terjadi pada saat traveling seperti pada saat dalam perjalanan pastinya kita akan bertemu dengan banyak orang yang tidak kita kenal dengan kebudayaan dan kebiasaan yang berbeda. Selain itu ada pula kejadian yang menurut saya mengasikan seperti kehujanan karena menggunakan motor dan medan yang ekstrim dan licin. Namun, itu semua justru menjadi tantangan tersendiri bagi pencinta traveling agar dapat menuju tempat wisata yang dituju. Butuh sebuah perjuangan untuk mecapai kenikmatan alam yang spekatakuler.

Beberapa tempat yang sudah dikunjungi pasti berhubungan dengan alam yang ada di Indonesia. Seperti tahun lalu Tika baru saja mengunjungi wisata Pantai Ngeliyep yang berada di kota Malang, Jawa Timur. 

Menurutnya pantai tersebut memiliki keindahan alam yang masih perawan dengan tebing-tebing yang curam serta hutan lindung yang berada ditepi pesisir pantai. Ada salah satu pengalam yang terjadi pada saat ngecamp di pesisir pantai Ngliyep yaitu tiba-tiba hujan badai terjadi sehingga membuat tenda roboh. Ada pula pengalaman saat mengunjungi pualu Doro yang letaknya tidak jauh dari pantai Ngliyep. Dengan melwati jalan yang belum beraspal sehingga kondisi jalan menjadi berlempung dan sulit dilalui oleh kendaraan bermotor, sehingga jika tidak berhati-hati akan tejatuh seperti yang dialami Tika.

Selain itu Tika juga pernah mengunjungi pulau Gililabak yang merupakan pulau kecil yang berada ditengah laut dengan pasir putih yang lembut dan indah. Untuk menuju kepulau itu Tika harus menempuhnya dengan menggunakan kapal motor dari pelabuhan Tanjung Sarongi. Banyak sekali kejadian yang terjadi pada saat perjalanan menuju ke pulau Gililabak. Saat perjalanan menuju ke pulau Gililabak tiba-tiba kapal motor yang ditumpangi mogok dan terombang-ambing ditengah laut, sehingga membuat penumbang kapal menjadi mabuk laut dan mual-mual.

Ada juga tempat wisata Obech Rafting merupakan tempat wisata arum jeram yang terletak di Pacet Mojokerto. Olah raga arum jeram ini tergolong ekstrim karena medan yang akan dilalui cukup berbahaya. 

Dengan medan yang banyak bebatuan besar dan arus sungai yang deras menambah adrenalin penggemar olah raga tersebut. Seperti Tika yang mecoba olah raga tersebut mendapat pengalam yang tidak terlupakan yakni kapat karet yang ditumpanginya terbalik dan mebuatnya jatuh terseret arus sungai dan terbentur bebatuan. Dengan menggunkan perhau karet tentu saja tidak mudah menyebrangi sungai dengan arus deras ditambah lagi dengan banyknya bebatuan besar. Menurutnya agar tidak terjatuh dari kapal karet kita harus kompak.

Masih ada banyak lagi tempat-tempat wisata yang dikunjungi seorang mahasiswa Universitas Muhamdiyah Sidoarjo ini. Walapun sibuk dengan urusan kuliah dan kerja namun tidak ada halangan untuk melakukan hobi yang disukai yakni traveling. Jadi, dapat dikatakan bahwa dengan bertraveling akan banyak mendapatkan pengalaman dan pelajaran hidup yang berharga. Karean traveling itu tidak hanya sekedar "jalan-jalan" namun dengan bertraveling kita dapat menambah wawasan dan lebih bersyukur serta mejaga tempat-tempat yang memiliki keindahan alam dan budaya yang berbeda-beda.