Mohon tunggu...
Delvi Adri
Delvi Adri Mohon Tunggu... Jurnalis - Jurnalis

Hidup tak bisa ditebak. Kita hanya bisa bercita-cita, pada akhirnya Tuhan yang punya kehendak. Seperti cita-cita saya sejak kecil ingin jadi TNI. Kemudian berubah menjadi guru. Dan akhirnya profesi sekarang yang menghidupi keluarga saya. 😁

Selanjutnya

Tutup

Travel Story Pilihan

Tawaran Nakal Para Sopir Taksi di Kota Batam

1 Oktober 2019   23:16 Diperbarui: 1 Oktober 2019   23:29 516
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Foto: Kawasan Jembatan Barelang

SUDAH lama nggak menulis sesuatu di blog. Kali ini saya tertarik menulis hal yang saya temukan di Pulau Batam. Apa pun yang saya tulis tentang Batam, jangan pernah membully apa lagi menghujat saya. Itu pelanggaran. So, just enjoy it. Don't blaspheme. Hehehe

Mengutip dari wikipedia, Kota Batam adalah sebuah kota terbesar di Provinsi Kepulauan Riau, Indonesia. Wilayah Kota Batam terdiri dari Pulau Batam, Pulau Rempang dan Pulau Galang dan pulau-pulau kecil lainnya di kawasan Selat Singapura dan Selat Malaka.

Pulau Batam, Rempang, dan Galang terkoneksi oleh Jembatan Barelang. Menurut Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Batam per 2015, jumlah penduduk Batam mencapai 1.037.187 jiwa.

Kota ini memiliki, semboyan 'Terwujudnya Kota Batam Sebagai Bandar Dunia Madani yang Modern dan Menjadi Andalan Pusat Pertumbuhan Perekonomian Nasional' jika dienglishkan, kira-kira begini : 'Batam as a civil modern city and as the centre of national economy development'. Mudah-mudahan hasil translate itu tidak melenceng. Hahaha

Okay, kebetulan weekend lalu, 24 November 2017 hingga 26 November 2017 saya berkesempatan berkunjung ke Batam. Ala-ala backpaker gitu, walau pergi bersama rombongan seprofesi. Kebetulan berkesempatan menginap di kawasan Nagoya, tepatnya di Nagoya Mansion Hotel.

Kawasan itu katanya kawasan favorit wisatawan. Namun semua terlihat biasa.Tapi, mengapa banyak orang-orang Singapura dan wisatawan domestik seperti Riau datang berkunjung? Karena dekat? Malaysia juga dekat.

Foto: Kawasan Jembatan Barelang
Foto: Kawasan Jembatan Barelang
Saat jalan malam, di kawasan itu saya ditawari sopir taksi untuk berkeliling mencari wanita. Gak perlu saya perjelas, seperti apa wanita yang dimaksud. Sebelumnya, saya juga sempat ngobrol dengan sopir yang menemani selama di Batam. Ya, begitulah.

Saya baru tahu, Batam itu bebas. Termasuk 'bebas pajak' alias banyak tempat-tempat ilegal yang berpotensi merugikan Pendapatan Asli Daerah atau PAD. Hampir semua kata abang sopir.

Saya bertanya dalam hati, apakah ini yang membuat Batam khususnya kawasan Nagoya menjadi favorit. But I don't care about that. The important thing I can take a vacation.

Saya akui, tata Kota Batam, Provinsi Kepri memang unggul dari Kota Pekanbaru, Provinsi Riau tempat asal saya. Soal tempat wisata, saya pribadi melihat itu biasa saja. Seperti tempat favorit berfoto netizen misalnya, itu loh tulisan besar 'Welcome to Batam' yang terpajang di bukit Clara Batam Centre.

Tempatnya biasa saja, tidak ada arena permainan. Hanya bisa foto dengan latar tulisan besar 'Welcome to Batam' saja. Tapi itu tampak sangat wah! saat saya hanya melihat di foto para netizen yang bertebar di medsos. Jika dipikir, tempat seperti itu juga bisa dibuat di Pekanbaru. Soal lokasi, banyak. Di kawasan Rumbai misalnya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Travel Story Selengkapnya
Lihat Travel Story Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun