Mohon tunggu...
Deloyete Indra
Deloyete Indra Mohon Tunggu... -

hidup sehat di mulai dari makanan dan pola hidup sehat

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Mengobati Flu Secara Tradisional dan Alami

23 Januari 2015   04:46 Diperbarui: 17 Juni 2015   12:33 287 3 2
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Pemerintahan. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Freepik

Penyakit Flu atau pilek adalah jenis penyakit umum yang siapa saja dapat terserang. Penyakit ini tidak mengenal kedudukan atau kondisi sosial sesorang. Jika kekebalan tubuh lemah maka anda akan mudah sekali terserang penyakit flu. Infuenza atau flu disebabkan Virus RNA dari famili orthomyxovidae yang menyerang tubuh. Sakit flu ditandai dengan kondisi badan yang menggigil, demam, nyeri tenggorokan, nyeri otot, kepala terasa berat, batuk, dan lemas. Artikel ini berasal dari http://tipskesehatansuper.blogspot.com dan saya penulisnya.

Cara Mengobati Penyakit Flu Secara Tradisional dan Alami


Mengobati penyakit flu sebenarnya mudah jika kita mau menggunakan cara-cara tradisional dan alami, dalam artian bukan medis atau meminum obat-obatan yang dijual di warung atau apotek. Selain memiliki nilai ekonomis, mengobati flu dengan cara tradisional tidak akan memberikan efek apapun karna tidak ada kandungan kimia seperti obat.

Istirahat yang cukup
Dengan mengistirahatkan badan, maka sistem kekebalan akan pulih kembali. Badan bisa terserang flu dikarenakan kekebalannya yang lemah karna terlalu capek bekerja atau beraktivitas. Ambilah cuti beberapa waktu untuk mengembalikan stamina badan anda kembali normal, dan pulih dari sakit flu.

Perbanyak minum air putih
Sudah tidak dapat dipungkiri lagi kalau air putih adalah kaya manfaat. Minum air putih secara teratur 2 liter perharinya mampu membersihkan bakteri yang ada di tenggorokan yang menjadi sebab penyakit flu. Kosumsi air putih akan semakin bagus dalam kondisi air matang dan hangat, karena air hangat mampu mencairkan lendir dan juga melegakan tenggorokan.

Konsumsi makanan sehat
Makanan sehat termasuk buah, sayur, daging tanpa lemak dan juga ikan akan membantu memberikan asupan vitamin dan mineral yang dibutuhkan badan. Dengan mengkonsumsi makanan sehat akan membantu memperbaiki sistem kebal tubuh dan tidak gampang terserang virus flu.

Menggunakan aroma bawang merah
Selain bermanfaat untuk mencegah masuk angin, bawang merah juga berguna sebagai obat penghilang penyakit flu. Hanya dengan cara menghirup aroma bawang merah dapat mengeluarkan dan membersihkan cairan di hidung. Selain bawang, daun bawang nya juga memilik manfaat yang sama.

Terapi uap secara tradisional
Cara tradisional satu ini sudah digunakan sejak jaman nenek moyang kita. Saya mengetahui cara ini dari orang tua saya, kala itu ketika terserang flu dianjurkan dan diajarkan oleh ayah bagaimana cara terapi uap. Caranya mudah sekali, hanya dengan menuangkan air panas kedalam wadah, kemudian tutup kepala dengan handuk dan posisikan wajah di atas wadah yang berisi air panas yang mengeluarkan uap. Akan lebih optimal khasiatnya jika ditambahkan kayu putih atau jahe.

Berkumur dengan air garam dan kunyit jahe
Siapkan air hangat dan aduk dengan garam, kunyit jahe dan cuka apel untuk berkumur dapat memberikan solusi penyembuhan penyakit flu/pilek. Berkumur dengan ramuan tersebut mulut akan menjadi bersih dari bakteri yang menyebabkan flu.
Mandi dengan air hangat diberi potongan bawang merah
Gunakan air hangat untuk mandi ketika anda sedang flu, akan lebih baik diberikan potongan bawang merah, hal tersebut baik untuk penyembuhan sakit flu yang sedang anda derita.
Konsumsi makanan yang mengandung cabai
Sering dengar kan ketika teman atau saudara sedang flu enaknya makan-makanan yang pedas? Atau mungkin anda sendiri pernah? Ya, memang benar makan pedas terasa nikmat sekali ketika sedang flu. Tapi ingat pedas nya cabai ya. Cabai mengandung capsaicin atau senyawa kimia yang dapat membantu membersihkan rongga hidung dari lendir dan bakteri.  Buatlah sup dengan taburan cabai secukupnya agar tidak berdampak ke sakit perut.
Minum air rebusan rempah-rempah dan madu
Rempah-rempah kaya manfaat, buatlah rebusan jahe, sereh atau kencur kemudian minum airnya dalam keadaan hangat. Air rebusan rempah-rempah dapat meredakan penyakit flu, jika dikonsumsi secara rutin akan lebih cepat sembuh. Oh, ya air rebusan jahe akan lebih optimal lagi khasiatnya jika dicampur dengan madu.

Semoga artikel cara mengobati penyakit flu secara tradisional dan alami ini dapat membantu sakit flu yang sedang anda derita. Usahakan gunakan resep dan pengobatan tradisional dan alami terlebih dahulu daripada menggunakan obat-obatan yang mengandung bahan kimia. Semoga anda sehat dan bahagia selalu. Dapatkan artikel lainnnya disini http://tipskesehatansuper.blogspot.com - Portal tips kesehatan supper!

Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan