Mohon tunggu...
Della Tresia
Della Tresia Mohon Tunggu... -

Selanjutnya

Tutup

Inovasi

Popularitas Meningkat Tanpa Biaya Besar

17 Mei 2016   20:17 Diperbarui: 17 Mei 2016   20:49 8
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Inovasi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Jcomp

Tahukah anda bahwa di era yang serba digital ini, kebiasaan orang juga berubah mengikuti kemajuan zaman. Orang sudah terbiasa dengan segala sesuatu yang cepat dan instan termasuk dalam penyebaran informasi. Ternyata social media merupakan channel/ media yang tepat untuk sebuah perusahaan dalam menyebarkan pesan yang diinginkan kepada publiknya. Terlebih lagi untuk sebuah brand baru, penggunaan media social sangatlah cocok untuk meningkatkan popularitas dari brand tersebut  atau meningkatkan awareness brand.

Sebagai contoh, Adelle Jewellery yang merupakan brand perhiasan baru. Jika dibandingkan dengan brand perhiasan lainnya, brand ini memang termasuk pendatang baru di dunia bisnis perhiasan karena baru berdiri sejak tahun 2013. Untuk meningkatkan popularitas dan awarenessnya, Adelle melakukan beberapa strategi. Yakni salah satu strategi menarik yang digunakan Adelle adalah penggunaan social media dalam meningkatkan awareness. Adelle menggunakan social media instagram dalam melaksanakan campaignnya.

Di bulan Ramadhan tahun lalu, Adelle memilki konsep “Diamond for Charity” dimana Adelle memanfaatkan moment Ramadhan ini untuk menjadi bulan berkah atau berbagi secara sederhana. Kompetisi foto di instagram menjadi salah satu strateginya, ia menyelenggarakan “Post A Smile Challenge” di instagram yang mengajak anak anak muda sebagai potential customernya untuk perduli kepada anak anak kanker. Adelle mengajak setiap orang untuk posting foto senyuman mereka disertai dengan caption menarik yang memotivasi.

Selain itu saat ini media instagram memang sedang banyak diminati anak muda berdasarkan fakta menarik mengenai pengguna instagram di Indonesia yang didapat dari CNN Indonesia (Anggit Gita Parikesit, 2016) sebanyak 59% pengguna instagram berusia 18-24 tahun, 30% berusia 25-34 tahun, 11% 34-44 tahun dan di dominasi oleh perempuan. Konten yang paling disukai di Indonesia ternyata adalah fashion dan juga aksesoris.

Data pendukung diatas dapat menunjukkan bahwa jika perusahaan bergerak dibidang fashion, perhiasan maupun aksesoris dapat menggunakan instagram sebagai media yang tepat. Dengan boomingnya instagram di kalangan anak muda, maka hal tersebut menjadi alasan Adelle untuk memilih instagram dalam menjangkau targetnya.

Hal ini menjadi cukup unik dan menarik karena biasanya untuk meningkatkan popularitas sebuah brand, pasti menggunakan media konvensional.  Namun dalam hal ini Adelle justru memilih untuk menggunakan media social instagram. Adelle mempopulerkan brandnya dengan #diamondforcharity. Walaupun kegiatan ini merupakan kegiatan soft selling namun dapat memberikan pesan yang diinginkan oleh Adelle.

Beberapa partisipan Kompetisi foto Adelle menyatakan bahwa awalnya mereka tidak mengetahui brand Adelle, namun dengan adanya kompetisi foto di instagram mereka jadi mengetahui dan ingat dengan brand Adelle.

Oleh karena itu, ternyata media social dapat memberikan dampak yang besar dengan efektif dan efisien. Efektif karena dapat menyampaikan pesan dalam bentuk apapun, efisien karena tidak membutuhkan biaya. Dengan konsep sesederhana mungkin, Adelle berhasil meningkatkan awareness public dengan pengguaan social media sebagai channelnya.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Inovasi Selengkapnya
Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun