Mohon tunggu...
Della Patricia Brajaningrum
Della Patricia Brajaningrum Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Suka buku dan seni

Selanjutnya

Tutup

Love

Berbuat Baik untuk Lebih Bahagia

21 September 2022   13:15 Diperbarui: 21 September 2022   13:29 27 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Love. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Prostooleh

Pada dasarnya, manusia memiliki sifat cinta dan kasih sayang. Hal tersebut tentu perlu diterapkan kepada diri sendiri. Selain pada diri sendiri, hal tersebut juga perlu diterapkan kepada orang lain.

Di dalam kehidupan tidak lepas dari perubahan, baik dalam diri maupun lingkungan. Langkah awal untuk perubahan baik adalah berbuat baik mulai dari diri sendiri. Pertama, kita perlu menjadi diri sendiri dan percaya dengan potensi diri. Kedua, bersyukur terhadap apa saja yang terjadi di dalam kehidupan. Ketiga, berbuat baik kepada orang lain.

Berbuat baik terhadap diri sendiri akan mendatangkan kebahagiaan tersendiri. Menjadi diri sendiri dan percaya dengan potensi diri dapat membuat lebih berani dalam mempelajari hal baru. Selanjutnya adalah bersyukur dengan memahami bahwa segala hal memiliki hikmah. Dengan kebaikan yang sudah dilakukan pada diri tersebut, dapat juga menyampaikannya kepada orang lain. Harapannya dapat membuat orang lain merasakan dan turut melakukan hal baik juga.

Beberapa perbuatan baik kepada orang lain, diantaranya: Pertama, mengucapkan kalimat “minta tolong”, “terima kasih”, dan “minta maaf”. Kedua, menjaga kebersihan lingkungan di sekitar masyarakat. Ketiga, pada saat di kawasan umum dan terdapat tempat duduk, utamakan kepada mereka yang lebih membutuhkan. Keempat, menawarkan bantuan kepada siapa saja. Tentu masih terdapat hal baik lain yang dapat dilakukan kepada orang lain.

Perbuatan baik kepada diri sendiri dan kepada orang lain apabila dibiasakan, akan menjadikan lingkungan terasa nyaman. Lingkungan yang jika sebelumnya buruk, perlahan akan menjadi lingkungan yang baik. Yang berarti adanya kebaikan dapat mendatangkan kebahagiaan untuk diri sendiri dan juga orang lain.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Love Selengkapnya
Lihat Love Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan