Mohon tunggu...
dellafracilya
dellafracilya Mohon Tunggu... ayo membaca

semangat

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi

Pencemaran Lingkungan

11 Juni 2021   13:32 Diperbarui: 11 Juni 2021   14:14 181 0 0 Mohon Tunggu...

Lingkungan merupakan tempat bagi semua mahluk hidup, terutama bagi manusia dan hewan. Manusia merupakan bagian dari komponen lingkungan yang senantiasa saling mempengaruhi. Pengaruh manusia terhadap lingkungan sangatlah besar. Hal ini dapat dapat diketahui dengan berkembangnya Ilmu Pengetahuan dan Teknologi.

Perkembangan teknologi mendorong iformasi dari belahan dunia lebih mudah di dapatkan. Berita tentang suatu bencana karena ulah tangan manusia sudah setiap hari bisa didengar, mulai dari laut, darat , dan udara. Kerusakan ulah manusia yang merugikan semua umat manusia antara lain kerusakan hutan, pencemaran air, tanah dan udara yang ada disekitar kita, yang berawal dari kurangnya pengetahuan manusia sehingga tidak dapat memanfaatkan kekayaan alam secara efektif dan efisien, serta kurangnya kesadaran manusia terhadap dampak yang akan ditimbulkannya. Perbuatan manusia inilah yang sangat berpengaruh terhadap kualitas lingkungan, sehingga kualitas lingkungan dapat menurun dan dapat berpengaruh  terhadap kelangsungan semua hidup mahluk hidup di masa yang akan datang.

kualitas Lingkungan merupakan tempat bagi semua mahluk hidup, terutama bagi manusia dan hewan. Manusia merupakan bagian dari komponen lingkungan yang senantiasa saling mempengaruhi. Pengaruh manusia terhadap lingkungan sangatlah besar. Hal ini dapat dapat diketahui dengan berkembangnya Ilmu Pengetahuan dan Teknologi.

Perkembangan teknologi mendorong informasi dari belahan dunia lebih mudah di dapatkan. Berita tentang suatu bencana karena ulah tangan manusia sudah setiap hari bisa didengar, mulai dari laut, darat , dan udara. Kerusakan ulah manusia yang merugikan semua umat manusia antara lain kerusakan hutan, pencemaran air, tanah dan udara yang ada disekitar kita, yang berawal dari kurangnya pengetahuan manusia sehingga tidak dapat memanfaatkan kekayaan alam secara efektif dan efisien, serta kurangnya kesadaran manusia terhadap dampak yang akan ditimbulkannya. Perbuatan manusia inilah yang sangat berpengaruh terhadap kualitas lingkungan, sehingga kualitas lingkungan dapat menurun dan dapat berpengaruh  terhadap kelangsungan semua hidup mahluk hidup di masa yang akan datang.
gkungan menurun dan dapat mempengaruhi kelangsungan hidup makhluk hidup, termasuk manusia itu sendiri dimasa yang akan datang.

Manusia harus senantiasa menjaga lingkungan agar tetap lestari dan tidak tercemar, Kita harus menggunakan sumber daya alam yang ada secara bijak serta menjaga dan merawatnya agar tidak punah, Seharusnya manusia memikirkan dampak yang ditimbulkan terlebih dahulu sebelum melaksanakan sesuatu, Manusia harus segera sadar diri setelah mengetahui kejadian -- kejadian yang sudah terjadi agar tidak terulang , Pemerintah juga harus membuat peraturan dan sanksi sacara tegas bagi pihak -- pihak yang telah merusak lingkungan, serta mensosialisasikan kepada masyarakat tentang pentingnya lingkungan yang tidak tercemar

penulis : Della fracilya

Mahasiswa IAIN PALOPO Jurusan

 Pendidikan Agama Islam.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x