Mohon tunggu...
Della fachrun
Della fachrun Mohon Tunggu... Della fachrun nafisah

Tidak ada kata menyerah

Selanjutnya

Tutup

Filsafat

Dimensi dan Sumber Pengetahuan Filsafat Ilmu

16 Oktober 2019   21:17 Diperbarui: 16 Oktober 2019   21:20 0 0 0 Mohon Tunggu...

A.    PENGERTIAN DIMENSI
Kata dimensi digunakan untuk menunjukan sudut pandang terhadap sesuatu, dari sudut pandang kepentingan apa kita mengkaji ilmu pengetahuan. dimensi dalam filsafat ada 3, yaitu:
                 
1. Pengertian Ontologi
merupakan salah satu kajian kefilsafatan yang paling kuno dan berasal dari Yunani. Studi tersebut membahas keberadaan sesuatu yang bersifat konkret. Tokoh Yunani yang memiliki pandangan yang bersifat ontologis yang terkenal diantaranya Thales, Plato, dan Aristoteles. Pada masanya, kebanyakan orang belum mampu membedakan antara penampakan dengan kenyataan.

2. Pengertian  Epistemologi / teori pengetahuan (theory of knowledge).
Secara etimologi, istilah epistemologi berasal dari kata Yunani episteme berarti pengetahuan, dan logos berarti teori. Epistemologi dapat didefinisikan sebagai cabang filsafat yang mempelajari asal mula atau sumber, struktur, metode dan sahnya (validitasnya) pengetahuan.
Pengertian lain, menyatakan bahwa epistemologi merupakan pembahasan mengenai bagaimana kita mendapatkan pengetahuan: apakah sumber-sumber pengetahuan ? apakah hakikat, jangkauan dan ruang lingkup pengetahuan? Sampai tahap mana pengetahuan yang mungkin untuk ditangkap manuasia?  

3. Pengertian Aksiologis
Menurut Kamus Filsafat, Aksiologi Berasal dari bahasa Yunani Axios (layak, pantas) dan Logos (Ilmu). Jadi aksiologi merupakan cabang filsafat yang mempelajari nilai. Jujun S.Suriasumantri mengartikan aksiologi sebagai teori nilai yang berkaitan dengan kegunaan dari pengetahuan yang diperoleh.
Aksiologi berkaitan dengan kegunaan dari suatu ilmu, hakekat ilmu sebagai suatu kumpulan pengetahuan yang didapat dan berguna untuk kita dalam menjelaskan, meramalkan dan menganalisa gejala-gejala alam.
Dari pendapat diatas dapat dikatakan bahwa Aksiologi merupakan  ilmu yang mempelajari hakikat dan manfaat yang sebenarnya dari pengetahuan.      

B. SUMBER PENGETAHUAN
Sumber pengetahuan adalah pengalaman dan pengamatan pancaindra tersebut yang memberi data dan fakta bagi pengetahuan kita.

1. Pengertian Rasionalisme
Rasionalisme adalah bahwa hanya dengan menggunakan prosedur tertentu dari akal saja kita bisa sampai pada pengetahuanyang sebenrnya, yaitu pengetahuan yang tidak mungkin salah. Sumber dari pengetahuan ini dalah akal budi manusia. Akal budilah yang memberi kita pengetahuan yang pasti benar tentang sesuatu. terdapat dua tokoh besar paham rasionalisme, yaitu plato dan rene des cartes.

2. Pengertian Empirisme
Empirisme adalah paham filosofis yang mengatakan bahwa sumber satu-satunya bagi pengetahuan manusia adalah pengalaman, yang paling pokok untuk bisa sampai pada pengetahuan yang benar menurut kaum empiris adalah data dan fakta yang ditangkap oleh pancaindra kita. Sehingga, satu-satunya pengetahuan yang benar adalah yang diperoleh melalui pengalaman dan pengamatan pancaindra. terdapat dua pengalaman tokoh dalam empirisme, yaitu John Locke dan David Hume.

Sekian dari pengetahuan saya tentang dimensi dan sumber pengetahuan filsafat ilmu, semoga bermanfaat.

KONTEN MENARIK LAINNYA
x