Mohon tunggu...
Della Aulia Rahmadani
Della Aulia Rahmadani Mohon Tunggu... Mahasiswa - (1901055074)

Hello, my name is Della Aulia Rahmadani, you can call me Della. Nice to meet you!!. This blog is for my writing experience in class Essay Writing II with maam Ratih Novita Sari's

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Essay Writing Reflection in Week 3

26 Oktober 2021   14:17 Diperbarui: 26 Oktober 2021   15:37 131
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Assalammu'alaikum wr.wb

Hallo semuanyaaaa! balik lagiiiii di blog sayaa yang isinya bakal ngebahas essay writing reflection! ><

kali ini saya akan membahas essay writing reflection in week 3  di kelas Essay Writing II bersama maam Ratih.

Untuk pertemuan pada minggu ke 3 di tanggal 19 Oktober 2021 ini, kelas kami di essay writing II sudah mulai memasuki bagian outlining lohh, sebelumnya kalian tau ga si apa itu outlining ?🤷‍♀️ nah outlining, rencana penulisan yang memuat garis-garis besar dari suatu karangan yang akan digarap dan merupakan rangkaian ide-ide yang disusun secara sistematis, logis, jelas, terstruktur, dan teratur. outlining merupakan hal pertama yang dilakukan sebelum membuat rough draft essay secara utuh.

sebelum outlining, maam Ratih, menjelaskan tentang arti dari expository speech, macam macam dan jenis dari expository tersebut. setelah itu maam menyarankan kepada kami untuk outlining, sebelum membuat outlining maam Ratih memberikan 10 topic yang bisa kami pilih 1 secara random. topic tersebut akan kita jadikan unsur dari title dari expository essay yang akan kita buat. 

Topic yang saya pilih yaitu "Benefits of learning foreign languages", dari pilihan topic saya tersebut saya akan membuat essay yang menjelaskan tentang kegunaan dari mempelajari bahasa asing.

Hal tersebut diawali dengan membuat outline, outline tersebut sudah diberikan dari maam Ratih yang mana semua mahasiswa/i yang ada didalam kelas Essay Writing II bisa mengedit dokumen didalamnya. Kemudian pada bagian outline disini yang masih tahap awal pada pembuatan essay yang utuh, saya merasakan sedikit pusing hehehe. Cukup banyak revisi yang saya lakukan pada pembuatan expository essay di kelas Essay Writing II. 

Karena  pada kelas Essay writing I sebelumnya, bagian outlining saya hanya mendapatkan sedikit revisi dibanding sekarang. namun hal yang saya rasakan semakin saya sering di revisi,semakin saya belajar tentang " oh saya betul betul harus memancing perhatian reader untuk membaca essay yang saya buat, oh untuk bagian ini seharusnya begini, untuk connecting informationnya harusnya begitu, dsb ". Hal ini cukup mengganggu waktu tidur saya, dan terus membuat saya kepikiran🥴

Namun saat saya ingin mengeluh, saya teringat akan kata kutipan seperti ini "Jika kamu tidak sanggup menahan lelahnya belajar maka kamu harus sanggup menahan perihnya kebodohan" - Imam Syafi'i  . hal tersebut maka memicu otak saya " oh iya ya kalo gitu tandanya, saya harus tetep semangat dan gaboleh nyerah ". oleh sebab itu, saya rela mengorbankan waktu tidur saya, untuk mengerjakan expository essay tersebut. ditambah lagi revisi dengan kata kata yang memotivasi saya dari maam Ratih seperti " KEREN, SEMANGAT YA " hal tersebut betul betul membuat saya terus merasa saya harus membuat expository essay saya ini menjadi lebih baik dari sebelumnya. dan terus berpositif thinking walaupun saat itu revisi terus hehe╰(*°▽°*)╯

mungkin segitu dulu aja kali ya gaisuu writing reflection diminggu ke 3 ini. On another writing reflection, saya akan menceritakan kembali bagaimana rasanya rumit tapi berusaha terus menikmati apapun yang terjadi di  serangkaian kegiatan di dalam kelas Essay Writing II ini 😆😅

Terimakasih sudah membaca, semoga hal ini bisa menjadi salah satu acuan bagi kalian untuk terus mencoba dan tidak mudah menyerah yaaa! (❁´◡`❁) See you on another writing reflection, bye byeee!!!

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun