Mohon tunggu...
Delina Apriliani
Delina Apriliani Mohon Tunggu... Artikelll

Delina Adel

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Gelar sebagai Negara Paling Tidak Sopan, Apakah Dampak dari Globalisasi?

14 Mei 2021   18:35 Diperbarui: 14 Mei 2021   18:36 75 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Gelar sebagai Negara Paling Tidak Sopan, Apakah Dampak dari Globalisasi?
globalisasi.del

Ramai diperbincangkan dimedia social mengenai survei yang dikeluarkan oleh Digital Ciivility Index (DCI) 2020 dari Microsoft yang menyatakan bahwa Warganet di Negara Indonesia memiliki gelar sebagai Warganet  paling tidak sopan di asia tenggara , Kendati demikian apakah itu sebagai salah satu dampak dari globalisasi ?

            Sebelum membahas dampak globalisasi, apa itu yang dimaksud dengan globalisasi ? Globalisasi merupakan proses mendunia dimana proses tersebut saling berkaitan dan memiliki ketergantungan antar manusia diseluruh dunia dan proses tersebut harus diterima khususnya oleh manusia baik hari ini, besok dan seterusnya dimasa yang akan datang.

             Berhubungan dengan gelar yang dikeluarkan oleh Microsoft mengenai warganet Indonesia tentunya hal tersebut merupakan salah satu dampak dari globalisasi, dampak dari globalisasi sendiri mempunyai dampak positif dan negatif tergantung dari sudut pandang mana kita  melihat.

            Gelar tidak sopan ini merupakan salah satu dampak negatif dari globalisasi karena proses globalisasi sendiri menjadikan dunia dalam bermedia social menjadi semakin luas dan semakin bebas. Warganet di Indonesia pun masih minim dalam literasi khususnya literasi media itu lah kemungkinan mengapa warganet di Indonesia di beri gelar paling tidak sopan di asia tengga .

            Kendati demikian dampak negatif tersebut haruslah kita perbaiki dengan budayakan literasi dalam bermedia juga beretika dalam bermedia, etika dalam bermedia contohnya kita harus sadar bahwa kita sedang berada di ruang cyber, perhatikanlah kata-kata dengan bijak jika kita ingin mengomentari orang lain jangan terbawa pengaruh dari yang lain dan hanya ingin ikut-ikutan saja

Daftar Pustaka

(Maulana, 2021; Rochman, 2021)Maulana, A. (2021). Diklaim Paling Tidak Sopan di Asia Tenggara, Netizen Indonesia Wajib Gunakan Etika, Universitas Padjajaran. 27 April 2021.)

Rochman, A. N. (2021). Perilaku Netizen Dalam Beretika di Sosial Media. Pendidikan.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x