Mohon tunggu...
Delia Puspita
Delia Puspita Mohon Tunggu... SMAN 1 PADALARANG

Pelajar

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Moralitas Anak Zaman Now

16 Februari 2020   19:51 Diperbarui: 16 Februari 2020   19:53 182 0 0 Mohon Tunggu...

Moralitas adalah suatu etika atau akhlak sesorang yang memiliki nilai positif,moral ini wajib dimiliki oleh semua orang untuk melakukan proses sosialisasi. Karena setiap orang pasti akan melihat dahulu perbuatan atau etika seseorang untuk menyimpulkan karakter orang tersebut.

Dalam kehidupan bermasyarakat, moral seseorang itu sangat penting dan akan selalu di perhatikan,jika moral seseorang itu baik dan sesuai dengan nilai yang berlaku dimasyarakat,orang tersebut akan diterima dengan baik dilingkungannya. Dan juga sebaliknya,jika seseorang memiliki etika yang kurang baik dilingkungan bermasyarakatnya,pasti orang-orang akan mengecamnya sebagai orang yang amoral.

Dikehidupan yang serba modern ini,tidak semua orang memiliki etitut yang baik,rasa hormat kepada yang lebih tua cenderung berkurang,baik dilingkungan masyarakat,lingkungan sekolah atau di lingkungan rumah sekalipun,mereka lebih mementingkan urusannya masing-masing.

Di lingkungan rumah saja yang notabene nya orang-orang dekat dan saling mengenal satu sama lain namun ketika dirumah semua orang seakan-akan saling tidak mengenal semua orang sibuk dengan urusan masing-masing. Rasa saling menghormati sesama saudara hilang begitu saja. Saat orang tua berbicara pada anak-anaknya saja ,mereka malah asik dengan handphonenya dan tidak mendengarkan pembicaraan orang tuanya,dan etika berbicara kepada yang lebih tua pudar begitu saja.

Sama halnya ketika dilingkungan sekolah,tempat dimana semua orang diajarkan sopan santun dan untuk menghormati satu sama lain,meskipun begitu tidak semua orang memiliki moralitas yang baik. Masih banyak diantara siswa/siswi yang acuh terhadap guru dan murid yang lainnya. Bahkan ada diantara siswa/siswi yang pura-pura tidak melihat atau pergi ketika melihat guru. Seharusnya yang mereka lakukan adalah memberi salam bukan malah kabur. Padahal memberi salam atau sekedar tersenyum itu bukan suatu perbuatan yang sulit untuk dilakukan.

Di mana moralitas anak zaman now? Di mana sopan santunnya? di mana etika ketika berbicara kepada yang lebih tua?.

Zaman sekarang memang sangat berbeda jauh dengan zaman dulu. Dulu anak-anak itu sangat menghargai dan menghormati kepada orang yang lebih tua berbeda dengan zaman sekarang. Anak zaman dulu ketika hendak berbicara kepada yang lebih tua mereka tidak berani untuk menatap matanya,berbeda dengan anak zaman sekarang yang lebih berani untuk menatap pandanganya bahkan sering kali memberikan pandangan menantang.

Yang seharusnya kita lakukan selaku anak generasi milenial adalah lebih menghargai orang yang lebih tua dari kita,orang yang lebih berpengalman dari kita. Dan mulailah belajar mengahargai orang lain dari sekarang.

VIDEO PILIHAN