Mohon tunggu...
Delianur
Delianur Mohon Tunggu... Penulis - a Journey

a Journey

Selanjutnya

Tutup

Bola Artikel Utama

Qatar 2022: Piala Dunia (Tanpa) Hingar Bingar

20 November 2022   16:46 Diperbarui: 20 November 2022   20:46 461
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bola Al Rihla yang akan dipakai di Piala Dunia Qatar 2022(MOHAMED ALI ABDELWAHID)

Untuk event seperti Piala Dunia, Qatar 2022 bisa dikatakan memiliki ironi tersendiri. Piala Dunia yang dilaksanakan di masa melimpah ruahnya alat distribusi informasi dan komunikasi, terlaksana seolah tanpa hingar bingar seperti yang terjadi di event Piala Dunia sebelumnya.

Sejujurnya, kesimpulan di atas awalnya adalah pengalaman personal saja. Namun setelah ditelusuri, kesimpulan di atas sepertinya menjadi kesimpulan jamak.

Awalnya adalah ketika sekitar 1.5 bulan lalu mendapat email dari Supreme Committee for Delivery and Legacy. 

Semacam panitia tertinggi bentukan Pemerintah Doha-Qatar yang menangani Piala Dunia Qatar 2022 mulai dari proses lobby, bidding dan pelaksanaan. Email yang meminta CV karena mereka membutuhkan orang untuk menjadi konsultant data dengan durasi kerja selama 1-2 bulan atau selama Piala Dunia.

Email ini tidak hanya memaksa untuk Googling mencari tahu apa itu Supreme Committee for Delivery and Legacy, tapi juga mesti Googling untuk tahu kapan sebetulnya Piala Dunia di Qatar akan dilaksanakan. Ternyata memang tahun ini, bukan tahun depan karena pada tahun ini tidak terasa hingar bingarnya.

Namun seperti yang ditulis sebelumnya, sepertinya ini bukan pengalaman personal. Di media sosial, beberapa mengungkap hal yang serupa. 

Piala Dunia sekarang tidak terasa hingar bingarnya. Beberapa informasi yang biasanya sudah tersebar dan mudah terlihat mengenai Piala Dunia, sama sekali tidak terlihat. 

Mulai dari Jadwal Piala Dunia, ulasan para pengamat sepak bola, artikel-artikel yang membedah kekuatan tim-tim yang berlaga di Piala Dunia, sampai dengan official song Piala Dunia 2022

Bila merujuk pada official account YouTube-nya, official song Piala Dunia Qatar 2022 sudah dipublish 7 bulan lalu dan ditonton 37 Juta orang. Jumlah kecil dibandingkan fans olahraga yang paling dikenal di muka bumi.

Padahal Qatar 2022 tidak hanya penuh dengan informasi negatif yang akan menjadi viral, tapi juga informasi positif yang akan membuat orang tercengang.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Bola Selengkapnya
Lihat Bola Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun