Mohon tunggu...
Delianur
Delianur Mohon Tunggu... Penulis - a Journey

a Journey

Selanjutnya

Tutup

Film Pilihan

Siapakah Sebenarnya Hyun Bin Itu?

6 Juni 2021   13:31 Diperbarui: 6 Juni 2021   20:09 551 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Siapakah Sebenarnya Hyun Bin Itu?
dok pribadi

Hyun Bin

Nama aslinya Yuyun Bin Ahmad. Kulitnya putih sejak lahir. Asli orang Soreang Kabupaten Bandung. Karena rumahnya dekat dengan dua tempat wisata di Selatan Bandung, Ciwidey dan Pangalengan, Yuyun sering pergi main Flying Fox dan arung jeram yang ada di dua tempat wisata itu. Selain itu Yuyun juga rajin ikut olahraga belada diri Boxer yang dipimpin Aa Boxer.

Sejak kecil, Yuyun anak yang pintar berpura-pura. Pura-pura sakit supaya bisa izin sekolah. Pura-pura memelas supaya dikasihani. Pura-pura serius mengerjakan soal ujian padahal sedang menyontek. Kelak kebiasaan berpura-pura ini menjadi bekal Yuyun masuk dunia entertainment di Korea Selatan. Yuyun sukses berpura-pura menjadi CEO sukses dalam "Secret Garden" sukses berpura-pura menjadi Developer Game Artificial Intellegence dalam "Memories of the Al-Hambra", juga sukses berpura-pura menjadi prajurit Korea Utara dalam "Crash Landing on You"  

Belasan tahun lalu, Yuyun berangkat ke Korea Selatan menjadi TKI. Statsiun Televisi SBS, Seoul Broadcasting System, membutuhkan banyak tambahan tenaga kasar untuk bongkar pasang studio buatan di kantor mereka. Karena SBS dikenal sebagai statsiun televisi Korea yang kerap menayangkan Drama Korea seperti "Pinnochio" atau "Hyde, Jekyll, Me" di tempat inilah Yuyun jadi akrab dengan kru Drama Korea.

Suatu ketika dalam pengambilan gambar sebuah drama, seorang sutradara kelimpungan. Stuntman, pemeran pengganti, yang seharusnya mengambil adegan lompat dari lantai 2 ke lantai 1 dan dipukuli berarmai-ramai di sebuah mall, tangannya patah pada pengambilan gambar pertama. Sementara pengambilan gambar harus selesai hari itu juga. Pemilik mall tidak memberikan tambahan waktu pengambilan gambar di tempatnya. Salah satu kru film yang kenal dengan Yuyun dan tahu kebiasaan masa kecil dan remajanya, mengajukan Yuyun sebagai pemeran pengganti sementara.

Karena terdesak dan tidak mempunyai pilihan, sutradara tidak bisa menolak. Dia pun memberikan kesempatan pada Yuyun menggantikan stuntman. Bagi Yuyun yang dulu rajin berlatih Boxer, terbiasa bermain Flying Fox dan arung jeram, dipukuli orang banyak, bergelantungan di tali dan loncat dari lantai 2 ke lantai 1, bukanlah suatu yang sulit. Apalagi dulu dia melakukan itu tanpa peralatan pengamanan. Sementara sekarang ada banyak peralatan pengaman untuk melindungi Yuyun dari kecelakaan fatal.

Vas entertainment yang terbiasa mengelola artis-artis Korea Selatan, mengendus ada bakat terpendam pada diri Yuyun. Vas entertainment yang tertarik dengan Yuyun, mulai melakukan penggalian informasi untuk mencari tahu profil Yuyun lebih dalam. Setelah yakin bahwa Yuyun mempunyai potensi dan bisa dikembangkan, bersama Yuyun agen artis ini menyusun strategi membesarkan karir Yuyun di dunia entertainment.

Menurut Vast Entertainment, supaya Yuyun mempunyai karir cemerlang di dunia enternatiment, maka salah satu hal yang perlu dilakukan Yuyun adalah mengganti nama. Supaya familiar dengan orang Korea, maka nama Yuyun harus diubah supaya lebih bernuansa Korea. Karena nama-nama Korea umumnya terdiri dari 3-4 huruf, nama Yuyun Bin Ahmad pun diubah menjadi "Yun Bin". Untuk melengkapi menjadi 3 kata sebagaimana umumnya nama orang Korea, Yuyun menambahkan kata "Aa" didepan "Yun Bin". Selain karena dulu sering dipanggil Aa sama orang tua dan adik-adiknya, Yuyun waktu di Bandung sangat suka mendengar ceramah Aa Gym dan juga ingin menghormati Aa Boxer. Gurunya waktu dulu ikut Boxer.

Setelah disetujui, jadilah Yuyun Yuyun mempunyai nama baru Korea, yaitu "Aa Yun Bin"

Cuma sepertinya nama "Aa" tidak terlalu familiar di kuping orang Korea. Orang Korea terbiasa dengan nama yang terdiri dari tiga huruf. Mereka merasa janggal mendengar nama dengan dua huruf hidup. Karena tidak terlalu familiar, orang pun lebih senang menyebutnya "Yun Bin" tanpa "Aa".

Namun suatu kali, sebuah media mainstream Korea keliru menulis nama "Yun Bin". Nama "Yun Bin" ditulis dengan tambahan huruf  "H" didepannya. Jadilah nama "Yun Bin" pun berubah menjadi "Hyun Bin". Karena yang keliru adalah sebuah media mainstrem di Korea Selatan, jadinya nama "Hyun Bin" itulah yang diingat dan dikenal orang.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x