Mohon tunggu...
Delf Kalalo
Delf Kalalo Mohon Tunggu... Pekerja

Memahami diri dalam tulisan

Selanjutnya

Tutup

Ekonomi Pilihan

Si Cantik Venezuela di Situasi "Mayday", Selamatkah?

5 Mei 2019   21:40 Diperbarui: 5 Mei 2019   22:18 79 0 0 Mohon Tunggu...
Si Cantik Venezuela di Situasi "Mayday", Selamatkah?
Film 'Up' dan Air terjun Angel Falls (Gambar: idntimes.com) 

Namanya indah terdengar di telinga orang Indonesia, dengan pelafalan logat Batak pun tetap saja ia terdengar manis. Horas! Arti namanya "si Venice kecil' disematkan oleh seorang navigator kapal Italia karena teringat keindahan kota Venesia di negaranya. Kecantikannya diakui pada tanggal 30 Maret 1845 (Jika data ini kurang tepat, kecantikannya tetap ku akui, Oouw!)

Kecantikannya jelas tidak diragukan. Gambaran kecantikan ini tidak berlebihan rasanya bila melihat perempuan Venezuela di ajang finalis ratu kecantikan Miss Universe. Mereka sering, hampir tidak pernah absen, menjadi finalis di ajang tersebut, bahkan ada yang pernah menjadi Miss Universe, tetapi sekarang Miss her!

Namun, tidak hanya kecantikan fisik wanita Venezuela yang bisa membuat seorang lelaki terpana melihat gerak indah tubuhnya saat berjalan tapi Venezuela juga memiliki kecantikan lainnya seperti kekayaan alam nan eksotis, diantaranya air terjun 'Angel Falls' yang tergambar di film 'Up' (sudah pernah nonton film itu? Anggap saja sudah ya, bila belum bisa lihat foto terlampir di atas).

Kemudian gunung Roraima yang konon terdapat berbagai spesies flora dan fauna langka, Taman Nasional Canaima yang luasnya terbesar kedua di dunia menurut UNESCO, dan Carasca sang ibukota yang merupakan kawasan metropolitan yang ramai dan dipenuhi beragam kekayaan sejarah, seni, dan budaya. Ini semua menunjukkan Venezuela memiliki keindahan alam. Itu!

Yang menarik dari kecantikannya ada pada kecantikan dalamnya yang sangat berharga, selayaknya seorang wanita Venezuela di ajang Ratu sejagat, mereka juga dinilai dari kecantikan dalamnya, inner beauty.

Inner beauty Venezuela adalah kandungan minyaknya yang sangat berlimpah, tentunya bukan minyak goreng atau minyak pelumas ya melainkan minyak bumi yang sebagian besar digunakan untuk memproduksi bahan bakar seperti elpiji, bensin, diesel yang dinikmati seluruh dunia.

Selama bertahun-tahun kekayaan alam ini telah menjadi sumber kekayaan negara Venezuela yang cantik ini. Dalam tahun-tahun itu Venezuela sukses menyejahterakan rakyatnya karena harga minyak tinggi. Tapi sekarang keadaan berubah!

Venezuela dalam situasi mayday!
Negara yang terbukti memiliki cadangan minyak yang sangat besar tentunya memberikan keuntungan yang sangat besar pula. Lebih dari 90% keuntungan negara Venezuela berasal dari minyak. Ketika harga minyak tinggi, pundi-pundi berlimpah ruah mengalahkan kekayaan paman Gober, yang masih hidup dengan koin-koinnya.

Saat Presiden Hugo Chavez berkuasa, ia menggunakan sebagian keuntungan hasil penjualan minyak untuk membiayai program-program sosial guna menuntaskan kemiskinan, salah satunya membangun jutaan rumah untuk rakyatnya. Ehm! Seperti program rumah DP 0% ya. Yah sudahlah!

Tapi apa mau dikata, tahun 2014 harga minyak terjun bebas dan membuat pemerintah tersedak dan harus memotong program ini itu guna menutup 'black hole' keuangannya. Ditambah pula kebijakannya mematok harga sembako dan kebutuhan primer lainnya hingga perusahaan (produsen) tidak memperoleh untung dan terpaksa gulung karpet, eh tikar.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN