Mohon tunggu...
Dela Lutfi
Dela Lutfi Mohon Tunggu... -

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Evaluasi Bimbingan dan Konseling dalam Sekolah

10 Desember 2017   14:27 Diperbarui: 10 Desember 2017   14:36 2424
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Humaniora. Sumber ilustrasi: PEXELS/San Fermin Pamplona

Dalam melaksanakan program bimbingan di sekolah terdapat berbagai komponen. Komponen-komponen yang dimaksud disini adalah saluran-saluran untuk melayani para siswa,tenaga --tenaga bimbingan tau kependidikan lainnya , serta orang tua siswa.

Salah satu komponen bimbingan dan konseling adalah evaluasi program bimbingan dan konseling, yaitu suatu usaha menilai efisiensi dan aktivitas dari pelayanan bimbingan konseling di sekolah pada khusunya, dan kegiatan-kegiatan dalam rangka program bimbingan dan konseling yang dikelola oleh staff bimbingan dan konselingh pada umumnya.

Penilaian merupakan langkah penting dalam majemen program bimbingan. Tanpa penilaian keberhasilan atau kegagalan pelaksanaan program bimbingan yang telah direncanakan tidak mungkin diketahui/ diidentifikasi. Penilaian program bimbingan merupakan usaha untuk menilai sejauh mana pelaksanaan program itu mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Dengan kata lain bahwa keberhasilan program dalam pencapaian tujuan merupakan suatu kondisi yang hendak dilihat lewat kegiatan penilaian.

Evaluasi dapat pula diartikan sebagai proses pengumpulan informasi (data) untuk mengetahui efektifitas (keterlaksanaan dan ketercapaian kegiatan-kegiatan yang telah dilaksanakan dalam upaya mengambil keputusan. Pengertian lain dari evaluasi ini adalah suatu usaha untuk mendapatkan berbagai informasi secara berkala, bekesinambungan dan menyeluruh tentang proses dan hasil dari perkembangan sikap dan perilaku atau tugas-tugas perkembangan para siswa melalui program kegiatan yang telah dilaksanakan.

Penilaian kegiatan bimbingan di sekolah adalah segala upaya, tindakan atau proses untuk menentukan derajat kualitas kemajuan yang berkaitan dengan pelaksanaan program bimbingan di sekolah dengan mengacu pada kriterteria atau patokan-patokan tertentu sesuai dengan program bimbingan yang dilaksanakan. Kriteria atau patokan yang dipakai untuk menilai keberhasilan pelaksanaan program layanan bimbingan dan konseling di sekolah adalah mengacu pada terpenuhi atau tidak terpenuhinya kebutuhan-kebutuhan siswa dan pihak-pihak yang terlibat baik langsung maupun tidak langsung berperan membantu siswa memperoleh perubahan perilaku dan pribadi kearah yang lebih baik.

Dalam keseluruhan kegiatan layanan bimbingan dan konseling, penilaian diperlukan untuk memperoleh umpan balik terhadap kefektivan layanan bimbingan yang telah dilaksanakan. Dengan informasi ini dapat diketahui sampai sejauh mana derajat keberhasilan kegiatan layanan bimbingan. Berdasarkan informasi ini dapat ditetapkan langkah-langkah tindak lanjut untuk memperbaiki dan mengembangkan program selanjutnya.

Evaluasi pelaksanaan program bimbingan dan konseling di sekolah adalah segala upaya tindakan atau proses menentukan derajat kualitas kemajuan kegiatan yang berkaitan dengan pelaksanaan program bimbingan dan konseling di sekolah dengan mengacu pada kriteria atau patokan patokan-patokan tertentu sesuai dengan program bimbingan dan konseling yang dilaksanakan. Jadi bimbingan konseling penting untuk dievaluasi agar meningkatkan kualitas pelayanan program bimbingan dan konseling di sekolah.

Evaluasi dalam program bimbingan dan konseling di sekolah ialah berupaya untuk menelaah program pelayanan bimbingan dan konseling yang telah dan sedang dilaksanakan untuk mengembangkan dan memperbaiki program bimbingan dan konseling di sekolah secara operasional.

Pelayanan bimbingan dan konseling merupakan suatu proses maka dari itu dibutuhkan suatu evaluasi untuk mengetahui tingkat keberhasilan suatu program bimbingan konseling yang diadakan oleh sekolah. Tanpa adanya evaluasi pelayanan bimbingan konseling untuk mencapai keberhasilan.

Penyelenggaraan evaluasi pelaksanaan program bimbingan dan konseling ditujukan untuk:

  • Meneliti secara berkala hasil pelaksanaan program bimbingan & konseling
  • Mengetahui tingkat efisiensi dan efektifitas dari layanan bimbingan dan konseling
  • Mengetahui jenis/layanan yang sudah atau belum dilaksanakan san atau perludiadakan perbaikan dan pengembangan.
  • Mengetahui sampai sejauh mana keterlibatan semua pihak dalam usaha menunjang keberhasilan pelaksanaan program bimbingan dan konseling
  • Memperoleh gambaran sampai sejauh mana peranan masyarakat terhadap pelaksanaan program bimbingan dan konseling.
  • Mengetahui gambaran sampai sejauh mana kontribusi program bimbingan konseling terhadap pencapaian tujuan pendidikan pada umumnya.
  • Mendapatkan informasi yang adekuat dalam rangka perencanaan langkah-langkah pengembangan program bimbingan dan konseling selanjutnya.
  • Membantu mengembangkan kurikulum sekolah untuk kesesuaian dengan kebutuhan.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun