Mohon tunggu...
Metta Karuna
Metta Karuna Mohon Tunggu... Wiraswata

saya sama sekali bukan seorang penulis, hanya ingin menyampaikan apa yang saya pikirkan ke dalam bentuk tulisan.

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Ikut Latah Agnez Mo: I, Actually Don`t Have Indonesian Blood

27 November 2019   11:11 Diperbarui: 27 November 2019   12:14 174 0 0 Mohon Tunggu...

setelah heboh heboh pilpres dan pembentukan kabinet kemudian kasus ahok BTP yang menduduki jabatan komisaris utama pertamina,  masyarakat Indonesia mendapat hiburan dari pernyataan Agnes Mo .  aku potong bebas dari rangkaian wawancara  dengan sebuah stasiun televisi luar negeri :"..... I, actually don`t have Indonesian blood , whatsoever, I was just born in Indonesia.......".

Aku tidak tertarik dengan penjelasan Agnez selanjutnya,  para netizen dan masyarakat Indonesia juga tidak terlalu memberi perhatian terhadap pernyataan lanjutan si Agnez.

Lalu,  apa latar belakang dari pernyataan si Agnez bahwa dia tidak berdarah Indonesia

Sejak merdeka , di Indonesia dikenal istilah pribumi dan non-pribumi,  walaupun akhir akhir ini kaum yang digolongkan pribumi sedang gencar ingin menghilangkan sebutan pribumi dan non-pribumi.  Salah satu upaya tokoh tokoh bangsa untuk menghilangkan sebutan pribumi dan non-pribumi adalah dihilangkannya syarat menjabat sebagai presiden ; sebelumnya tertulis dengan jelas bahwa seorang presiden Indonesia harus pribumi asli! Syarat  pribumi asli ini dihilangkan sejak awal abad 21 ini.

Istilah pribumi di Indonesia digunakan dalam usaha kemerdekaan ,  terutama untuk memenuhi syarat siapa siapa saja rakyat Republik Indonesia yang baru saja menyatakan kemerdekaan itu.

Rakyat pribumi itu adalah orang orang yang sejak lama sekali tinggal dan lahir di Indonesia hingga nenek moyangnya juga lahir di Indonesia sehingga tidak lagi terlacak sejak kapan nenek moyangnya berada di Indonesia.

Non-pribumi adalah bangsa bangsa arab,  cina (tiong-hoa) dan lain lain.

Indonesia adalah sebuah negara yang baru merdeka sejak 17 Agustus 1945.  sebelum itu kata Indonesia baru populer tahun 1928 ketika dikumandangan Soempah Pemoeda.

Apakah pernyataan "aku tidak berdarah Indonesia" itu salah ? Biasaaaaa ,  bisa salah bisa tidak.

Tetapi ,  yang jelas , maksud tidak berdarah Indonesia itu artinya bukan keturunan Aceh,  bukan keturunan Batak,  bukan keturunan Padang, bukan keturunan Melayu ,  bukan keturunan Sunda , bukan keturunan Jawa,  bukan keturunan Bali, bukan keturunan Lombok, bukan keturunan Bugis dan seterusnya .  Agnez Mo berdarah Jerman, China dan Jepang . Dia tetap WNI .

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x