Mohon tunggu...
Dejay
Dejay Mohon Tunggu... Blogger

My blog: masdejay.com

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan

Waspada! Bahaya Konsumsi Makanan Pedas Berlebihan

21 November 2019   20:09 Diperbarui: 21 November 2019   20:16 0 1 0 Mohon Tunggu...
Waspada! Bahaya Konsumsi Makanan Pedas Berlebihan
sumber: fimela.com

Makanan pedas memang menjadi favorit banyak orang. Hal itu karena makanan pedas memiliki sensasi lebih saat di konsumsi. Makanan pedas mampu memberikan rasa kelezatan yang lebih. Selain itu, makanan pedas juga memiliki manfaatnya bagi tubuh.

Tapi, apakah kamu tahu kalau makanan pedas mempunyai bahayanya bagi tubuh jika di konsumsi secara berlebihan? Jutaan orang tidak mengetahui kalau makanan pedas memiliki bahaya jika di konsumsi secara berlebihan. Maka dari itu saya mengajak sobat kompasiana untuk mengetahui bahaya mengonsumsi makanan pedas yang saya kutip dari Masdejay.com.

Apa saja bahaya tersebut? Simak sampai selesai.

1. Menyebabkan Maag

Kalau kamu mengonsumsi makanan pedas secara rutin / berlebihan, maka tubuh kamu akan mudah terkena maag. Maag merupakan penyakit yang menyerang lambung. 

Maag bisa timbul kalau kamu mengonsumsi makanan pedas secara berlebihan, mengapa demikian? Karena makanan pedas bisa menyebabkan penurunan fungsi di lapisan lambung dan menyebabkan gastritis atau maag akut pada bagian lambung.

2. Iritasi Usus

Iritasi di bagian usus akan terjadi kalau kamu sering mengonsumsi makanan pedas secara berlebihan. Gejala iritasi di bagian usus mempunyai ciri-ciri seperti kram perut dan rasa nyeri. Maka dari itu, konsumsilah makanan pedas sewajarnya saja ya.

3. Meningkatkan Asam Lambung

Mengonsumsi makanan pedas secara berlebihan akan menyebabkan asam lambung meningkat. Jika asam lambung meningkat, maka hal itu akan menyebabkan iritasi pada bagian lambung. Hal itu di sebabkan oleh gastritis yang berasal dari makanan pedas.

4. Sakit Kepala

Sakit kepala bisa saja di sebabkan karena kamu sering mengonsumsi makanan pedas. Mengapa demikian? Karena kondisi tersebut ialah gejala maag yang di akibatkan karena makanan pedas. Kalau kamu mengalami gejala tersebut, secepat mungkin cek ke dokter untuk mendapatkan perawatan lebih lanjut.

5. Diare

Diare seringkali di alami oleh seseorang karena ia sering mengonsumsi makanan pedas secara berlebihan. Diare merupakan sakit pada bagian perut yang di campur dengan rasa panas, sehingga menyebabkan perut merasa sakit luar biasa. Diare bisa di bilang berbahaya untuk tubuh, karena akan membuat tubuh menjadi sangat lemas yang di karenakan oleh cairan dalam tubuh keluar secara berlebihan.

Itulah beberapa bahaya dari mengonsumsi makanan pedas secara berlebihan / rutin. Bagi kamu yang sering mengonsumsi makanan pedas secara berlebihan, mulai dari sekarang hilangkanlah kebiasaan tersebut. Karena memiliki dampak yang sangat buruk bagi tubuh kamu.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x