Mohon tunggu...
Defina Yasmin T
Defina Yasmin T Mohon Tunggu... Mahasiswa

Mahasiswa Informatika Universitas Diponegoro

Selanjutnya

Tutup

Digital

Cegah Penyebaran Virus Covid-19, Mahasiswa KKN Undip Berinovasi Mengembangkan Sistem Informasi

11 Agustus 2020   14:14 Diperbarui: 11 Agustus 2020   15:07 23 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Cegah Penyebaran Virus Covid-19, Mahasiswa KKN Undip Berinovasi Mengembangkan Sistem Informasi
Halaman Utama Website SIPANCO-19

Kabupaten Semarang (10/08/2020) - Di tengah masa pandemi, Universitas Diponegoro menyelenggarakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) dengan tema "Pemberdayaan Masyarakat di Tengah Pandemi Covid-19 Berbasis Pada tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGS)". 

Kegiatan KKN ini dilaksanakan selama 45 hari terhitung dari tanggal 5 Juli hingga 15 Agustus mendatang di wilayah tempat tinggal masing-masing mahasiswa sehingga KKN ini juga disebut sebagai KKN Pulang Kampung akibat adanya pandemi virus Covid-19.

Salah satu mahasiswi Informatika UNDIP bernama Defina Yasmin mengikuti kegiatan KKN sesuai dengan aturan yang telah diberlakukan oleh pihak universitas, yaitu di wilayah domisili masing-masing tepatnya di Kelurahan Genuk, Kecamatan Ungaran Barat, Kabupaten Semarang. 

Berdasarkan update data pada tanggal 10 Agustus 2020 di situs resmi Kabupaten Semarang, wilayah Kecamatan Ungaran Barat statusnya berubah dari zona dengan risiko sedang (zona oranye) menjadi zona dengan risiko tinggi (zona merah). Hal tersebut artinya dalam waktu dua minggu terakhir terdapat penambahan kasus positif Covid-19 di wilayah ini. 

Terdapat salah satu perseroan terbatas (PT) di wilayah Kecamatan Ungaran Barat tepatnya di Kelurahan Genuk yang mayoritas buruhnya merupakan pendatang dari luar kota. 

Berdasarkan keterangan Ketua RT 05/RW VII Kelurahan Genuk, para buruh yang pulang pergi dari luar kota belum pernah melaporkan aktivitas bepergiannya karena beberapa faktor, di antaranya adalah kurangnya kesadaran warga untuk ikut serta memutus rantai penyebaran Covid-19 dan juga aktivitas kerja sehari-hari yang menyibukkan para buruh sehingga sulit meluangkan waktu untuk melapor setelah kembali dari luar kota.

Memperhatikan permasalahan tersebut, seorang mahasiswa KKN yang berdomisili di wilayah RT 05/RW VII Kelurahan Genuk, Kecamatan Ungaran Barat membuat inovasi dengan membuat sistem informasi berbasis web yang digunakan untuk melapor dan memantau kegiatan pasca bepergian selama masa pandemi Covid-19 (SIPANCO-19). 

SIPANCO-19 akan diimplementasikan terbatas pada wilayah RT 05/RW VII Kelurahan Genuk. Hal ini dilakukan karena waktu pengembangan web yang sangat singkat sehingga hanya mampu mencakup pendataan di wilayah kecil saja. 

Dengan adanya SIPANCO-19, buruh ataupun warga sekitar wilayah RT 05/RW VII Kelurahan Genuk dapat melapor melalui web ini setelah melakukan bepergian ke luar kota atau luar negeri. SIPANCO-19 ini juga dilengkapi dengan dashboard untuk petugas RT setempat supaya memudahkan dalam melakukan pemantauan karantina mandiri setelah warga  melakukan bepergian ke luar kota atau luar negeri.

Selain pembuatan website SIPANCO-19, dilakukan pula edukasi mengenai pentingnya pencegahan penyebaran virus Covid-19 di wilayah Kecamatan Ungaran Barat, khususnya di Kenangasari RT 05/RW VII Kelurahan Genuk.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x