Mohon tunggu...
Deffa Utama
Deffa Utama Mohon Tunggu... profesional -

Saya Musisi dan Traveler

Selanjutnya

Tutup

Inovasi Pilihan

Facebooker Indonesia Itu Gak Suka Sharing

9 Mei 2014   21:40 Diperbarui: 23 Juni 2015   22:40 182
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Hola Deffa Here !!! Balik lagi dengan cuap cuap kepo saya di dunia Social Media kali ini yang saya fokuskan di Facebook, karena FB tetap jadi socmed no 1 di Indonesia, walaupun sudah banyak SocMed2 lainnya Facebooker Indonesia itu Gak Suka Sharing Kenapa saya ambil judul itu karena berdasarkan pengalaman saya sebagai Social Media Expert, mempunyai beberapa akun Fanpage dengan total Fans Likes 400.000++ Yang saya perhatikan adalah habit mereka (facebooker). Jika kita perhatikan keseharian dari 3 tombol Facebook di bawah ini 800 Likes dan 3 Share Dari 3 tombol tersebut (Likes - Comment - Share) pasti kalian tahu mana yang facebooker indonesia paling favorit pake. Yup, tombol Like atau Jempol itu memang favorit banget, terus perbandingan nya dengan tombol Comment mungkin 3 : 1 (3 Like. 1 Comment) masih ok lah ya. Nah gimana dengan tombol Share ? Bisa jadi perbandingan nya 100 : 1 (100 Like, 1 Share), kenapa bisa begitu ? Tombol like / jempol ini bagi Facebooker Indonesia seperti sebuah status sosial, semakin banyak like yang di dapat, semakin populer lah update status yang dia bikin, sampai2 ada yang disebut FAKIR JEMPOL. Pasti kalian pernah dapet chat gini kan "KK bagi jempolnya dnk" Kita lihat beberapa contoh akun Fanpage Indonesia dan kita perbandingkan dengan yang di luar negri berapa persentasi nya : Air Asia Indonesia : 500 ribu ++ Fans Likes

Di postingan ini 146 Likes dan 17 Share jadi perbandingan nya 7% Air Asia Philipines : 700 ribu ++ Fans Likes
fb3.jpg
fb3.jpg
Di postingan ini 832 Likes dan 174 Share jadi perbandingan nya 20% Stand Up Comedy Indonesia : 200 ribu ++ Fans Likes
fb6.jpg
fb6.jpg
Di postingan ini 1067 Likes dan 41 Share jadi perbandingan nya 2% SGAG Singapore : 200 ribu ++ Fans Likes
fb7.jpg
fb7.jpg
Di postingan ini 389 Likes dan 209 Share jadi perbandingan nya 80% Kenapa bisa begitu ya padahal apa susah nya nge klik SHARE / BAGIKAN jika info itu BAGUS DAN BERGUNA, apakah di anggap promosi Fanpage tersebut jika klik SHARE ? Saya rasa enggak juga, jika tidak suka dengan promosi, untuk apa dari awal mereka me LIKES / SUKA Fanpage tersebut, dengan kita me LIKES fanpage itu udah jelas kita akan mendapatkan apapun yang fanpage posting Analisa saya berpendapat tingkat berbagi facebooker indonesia itu masih rendah, mereka lebih suka meng "COPAS" materi yang di info kan oleh satu akun, dan dia posting kembali di akun masing2. Ada satu kasus lagi yang agak aneh dari Fanpage saya pribadi, jadi saya memberikan sebuah postingan informasi yang layak untuk disebarkan ke Fans saya, si akun B ini cukup dengan me Like / Jempol, lalu dia "COPAS" materi nya ke akun dia. Kemudian dia menceritakan hal tersebut mouth to mouth (chat / wall post) ke Temen2nya, dan akhirnya postingan itu pun nyampe lagi ke wall fanpage saya, seakan2 info tersebut berasal dari dirinya. Walaupun hal diatas mempunyai satu kesamaan yaitu menyebarkan informasi yang berguna, namun secara etikaKurang Baik. Mungkin kalian punya pendapat lain silahkan di reply ya 
:D
:D
Yuk biasakan klik SHARE / BAGIKAN NB : Analisa diatas berdasarkan data dari Fanpge pribadi saya dan beberapa Fanpage yang saya ikuti

Mohon tunggu...

Lihat Konten Inovasi Selengkapnya
Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun