Mohon tunggu...
Rusdiana Fitri
Rusdiana Fitri Mohon Tunggu... Masih Mahasiswa

Suka berkata dan menulis. Insyaallah Valid

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Mahasiswa PMM UMM  Lakukan  Kegiatan Sosialisasi serta Pembagian Masker untuk Warga

11 Agustus 2020   13:03 Diperbarui: 11 Agustus 2020   13:26 11 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Mahasiswa PMM UMM  Lakukan  Kegiatan Sosialisasi serta Pembagian Masker untuk Warga
Kolase - Dok. pribadi

Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) yang sedang menjalankan Program Pengabdian Masyarakat  Oleh Mahasiswa (PMM). Kegiatan mereka  bertempat di Desa Teluk Tamiang Kecamatan Pulau Laut Tanjung Selayar Kabupaten Kotabaru. 

Kelompok PMM 96 yang beranggotakan Diana, Endro, Faisal, Harun dan Khofifah ini melakukan kegiatan sosialisasi mengenai COVID-19 serta pembagian masker yang dilakukan dari rumah kerumah. 

Kegiatan mereka diawasi dan dibimbing oleh Dosen Pembimbing Lapangan  (DPL)  Arina Restian, S.Pd., M.Pd. Beliau berpesan kepada seluruh anggota kelompok yang sedang menjalankan pengabdian agar tetap mematuhi protokol kesehatan dan menggunakan alat pelindung diri yang lengkap agar terhindar dari resiko penularan COVID-19 saat bertugas dilapangan.

Kegiatan yang dilaksanakan pada hari Senin, 27 Juli 2020 juga sudah mendapat izin dari Kantor Desa serta Ketua RT 5 dan RT 3 yang ada di desa Teluk Tamiang. Beberapa pegawai dari Kantor Desa juga mendampingi kami saat melakukan kegiatan sosialisasi. Sosialisasi pertama kami lakukan di rumah Ketua RT lalu setelah itu dilanjutkan ke rumah rumah warga yang ada disekitar tepi pantai Teluk Tamiang.

Kegiatan Sosialisasi yang dilakukan yaitu berupa pembagian brosur yang berisi mengenai COVID-19 serta bagaimana cara pencegahan agar dapat mengurangi penyebaran COVID-19 yang masih terjadi sampai saat ini. 

Isi brosur yang dibagikan dikutip langsung dari laman Kementrian Kesehatan Republik Indonesia. Sosialisasi dilakukan dengan mendatangi rumah warga satu persatu dan menjelaskan mengenai apa isi brosur tersebut. 

Selain melakukan sosialisasi mengenai COVID-19, kelompok PMM yang beranggotakan lima orang itu juga membagikan beberapa masker pada warga di sekitar pantai yang bekerja dan beraktivitas di luar rumah.

“Melalui sosialiasi mengenai COVID-19 serta pembagian masker kepada warga Desa Teluk Tamiang kami mengharapkan agar warga semakin sadar mengenai betapa mudahnya penyebaran COVID-19 sendiri, dan juga kami memberikan saran agar di setiap tempat didepan rumah warga di pasang tempat cuci tangan sehingga sebelum memasuki ruamh setelah bepergian dari luar diharapkan warga untuk cuci tangan terlebih dahulu agar membantu mencegah penyebaran COVID-19” kata Endro salah satu Mahasiswa Kelompok ini.

Melalui kegiatan ini, diharapkan bisa memberikan manfaat khususnya pada warga Desa Teluk Tamiang di sekitaran pantai Teluk Tamiang dalam rangka mencegah penularan Covid-19 dengan menjalankan protokol kesehatan saat berada di luar rumah sesuai yang dianjurkan oleh Kementerian Kesehatan RI.

Kegiatan ini  juga bertujuan agar penyebaran COVID-19 di desa tersebut tidak semakin tinggi karena di desa tersebut terdapat tempat Wisata Pantai Teluk Tamiang yang sering didatangi oleh wisatawan dari luar daerah sehingga akan berpotensi lebih tinggi untuk penyebaran COVID-19 didesa tersebut.

 

VIDEO PILIHAN