Mohon tunggu...
Dian Kusumawardani
Dian Kusumawardani Mohon Tunggu... Haloo, saya adalah seorang ibu rumah tangga profesional. Bekerja paruh waktu sebagai pengajar Sosiologi dan Sejarah di BKB Nurul Fikri. Juga suka menulis dan sudah menghasilkan 6 buku antologi dan 1 buku solo. Saya juga seorang konselor laktasi dan blogger.

Home Educator Omah Rame, Pengajar di BKB Nurul Fikri, Konselor Laktasi, Content Creator

Selanjutnya

Tutup

Teknologi Pilihan

Mengenal Artificial Intelligence dalam Drama Korea

14 Februari 2021   21:11 Diperbarui: 14 Februari 2021   21:14 186 4 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Mengenal Artificial Intelligence dalam Drama Korea
Artificial Intelligence | olahan pribadi

Artificial Intelligence sedang ramai dibicarakan dikalangan penggemar drama Korea. Kesuksesan drama Korea Start-Up, membuat artificial intelligence semakin akrab didengar.

Meski sebenarnya, sebelum muncul drama Start-Up, tema artificial
intelligence sudah sering diangkat dalam drama maupun film Korea.

Tentang Artificial Intelligence

Kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI) memungkinkan sebish mesin untuk belajar dari pengalaman, menyesuaikan input-input baru dan melaksanakan tugas seperti manusia. Sebagian besar contoh AI yang kita dengar ini adalah kulkas yang bisa memberikan rekomendasi menu, kamera pengenal wajah hingga mobil yang berjalan sendiri.

Artificial intelligence sangat mengandalkan pembelajaran mendalam dan pemrosesan bahasa alamiah. Dengan menggunakan teknologi ini, komputer dapat dilatih untuk menyelesaikan tugas-tugas tertentu dengan memproses sejumlah besar data dan mengenali pola dalam data.

Artificial Intelligence dalam Drama Korea

Tema artificial intelligence sudah banyak diangkat dalam dunia hiburan Korea. Tak hanya cerita drama ataupun film, konser musik juga mengangkat tema ini. Contohnya, pada Desember 2020, saluran televisi Mnet membuat acara spesial One More Time dengan menggunakan AI. Mereka menghadirkan beberapa penyanyi kenamaan Korea Selatan yang sudah meninggal dunia, seperti Turtle Man yang menyanyikan lagu Start Over dari Gaho yang merupakan soundtrack drama Korea Itaewon Class. Dalam acara ini, penyanyi Kim Hyun Sik juga dihadirkan untuk mengenang 30 tahun kepergiannya.

Dulu tema artificial intelligence dalam drama Korea diwujudkan dalam bentuk robot. Kisah cinta antara manusia dengan robot AI, menjadi inti cerita drama. Sebut saja drama 109 Strange Things, I Am, Are You Human Too? dan I'm Not a Robot adalah drama Korea yang mengangkat artificial intelligence.

Sekarang, AI diangkat dalam sisi yang lain. Ada drama Start-Up yang sukses mengangkat bagaimana anak muda merintis bisnis start up yang berbasis kecerdasan buatan. Ada drama Please Don't Date Him yang bercerita tentang pengembang alat-alat rumah tangga berbasis teknogi kecerdasan buatan, contohnya lemari es yang bisa memberikan rekomendasi menu makanan bagi pemiliknya.

Kegunaan Artificial Intelligence
Lalu apa sih kegunaan artificial intelligence ini? Banyak! Dibidang industri penggunaan artificial intelligence ini sangat dibutuhkan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN