Mohon tunggu...
Dedy Sigid Setiawan
Dedy Sigid Setiawan Mohon Tunggu...

facebook: dedy.s.setiawan.9@facebook.com Twitter: @DedySigid82 Blog : dedy-sigid82.blogspot.com

Selanjutnya

Tutup

Gaya Hidup

Mau Masakan Yang Enak dan Lezat, Ya Di-Ajinomoto-in Aja

8 Maret 2017   23:56 Diperbarui: 9 Maret 2017   00:07 565 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Mau Masakan Yang Enak dan Lezat, Ya Di-Ajinomoto-in Aja
Sumber: kompasiana.com

Setiap orang pastinya menginginkan makanan yang dimakan adalah makanan yang enak dan menyehatkan. Tidak hanya enak daan sehat, tetapi makanan yang halal juga menjadi referensi untuk aman dikonsumsi sehari-hari bahkan dalam agama Islam juga menegaskan bahma makanan makanan yang dikonsusmsi harus yang halal untuk menghindarkan dari penyakit jasmani dan rohani. Untuk mendapatkan makanan yang enak dan sehat tidak harus yang mahal tetapi makanan yang mengandung gizi dan diperlukan oleh tubuh seperti karbohidrat, protein, lemak, kalsium dan beberapa kandungan lainnya. 

Nah bagaimana cara mendapatkan makanan sehat tetapi mempunyai rasa yang special (enak)? Sudah bukan rahasia lagi untuk mendapatkan makanan yang enak dan menyehatkan selain bahan-bahan makanan segar dan bergizi, bumbu masakan dan cara pengolahannya, penting adanya rasa penyedap yang dapat membuat rasa dan membangkitkan gairah untuk menikmati setiap masakan yang disajikan. Rasa penyedap itu biasa dikenal dengan nama MSG (Mono Sodium Glutamat) dan memberikan rasa baru yaitu gurih  tentunya selain rasa yang telah dikenal oleh lidah kita seperti rasa asin, manis, asam dan pahit. Rasa gurih atau yang lebih dikenal oleh masyarakat Jepang dengan umami ini, berasal dari bahan asam amino glutamat yang merupakan fermentasi bahan alami tetes air tebu dan tepung singkong serta mengandung 78% glutamat, 12% sodium dan 10% air.

Kok MSG? bukannya merupakan bahan masakan yang berbahaya bagi tubuh manusia? perlu diketahui bahwa MSG sebenarnya aman untuk dikonsumsi dan tidak menimbulkan efek samping bagi kesehatan. Pada tahun 1987 JECFA (Joint Expert Committee on Food Additives) menempatkan MSG dalam kategori bahan penyedap makanan yang aman dikonsumsi dan tidak berpengaruh terhadap kesehatan tubuh. Tahun 1991 penyataan JECFA diperkuat oleh European Communities Scientific Committee fo Foods, bahkan pada tahun1995 Badan Pengawas Obt dan Makanan Amerika Serikat (FDA) menyatakan bahwa MSG termasuk sebagai bahan bumbu masakan seperti halnya garam, merica dan gula sehingga amaan bgi tubuh manusia. Begitupun dengan BPOM yang menyatakan aman dengan memberikan batas asupaan harian  dlam penggunaan MSG. Penelitiaan pada tahun 2007 menunjukkan bahwaa lidaah dan lambung memiliki reseptor glutamat yang berfungsi untuk membantu dalam proses pencernaan dalam memperlaancar proses pencernaan itu sehingga aman untuk dikonsumsi untuk ibu hamil dan balita.

Kenapa harus memilih MSG merek Ajinomoto

Sumber: ajinomoto.com
Sumber: ajinomoto.com
Memang banyak MSG dengan berbagai merk tetapi bagi saya dan keluarga, memilih MSG dari AJI-NO-MOTO merupakan sebuah pilihan dan sudah dari dulu keluarga saya memakai Ajinomoto, memang secara pasti saya tidak mengetahui kapan keluarga saya mulai memakai Ajinomoto, tetapi yang saya ingat adalah tidak adanya penyedap rasa lain selain Ajinomoto dikeluarga saya bahkan ketika saya sudah berkeluarga saya masih memakai Ajinomoto karena saya mau yang pasti-pasti saja dan tidak mau berpindah kelain hati. Adanya label halal pada kemasan juga menjadi bukti bahwa Ajinomoto merupakan bahan makanan yang cocok untuk dikonsumsi semua orang tidak terkecuali orang muslim . Perlu diketahui bahwa Ajinomoto merupakan perusahaan pertama yang memproduksi secara massal MSG pada tahun 1909 di Jepang.

Seperti halnya vitamin yang sangat bermanfaat bagi tubuh akan tetapi jika mengkonsumsi secara berlebihan dapat berdampak negatif bagi tubuh. Begitupun dengan pemakaian MSG dari Ajinomoto yang dapat dikonsumsi secara rutin dengan batas secara wajar baik untuk masakan berkuah atapun masakan gorengan sehingga rasa alami dari masakan tetap terasa disertai rasa gurih. Paduan rasa masakan yang gurih dari Ajinomoto membuat lidah bergoyang karena kelezatannya dan tidak membuat rasa eneg setiap yang kita makan. Penggunaan MSG dalam makananpun dapat mengurangi konsumsi garam dapur 20-40% dengan tetap mempertahankan rasa yang enak dan lezat dari masakan sehingga dapat mengurangi resiko hipertensi dan serangan jantung akibat mengkonsumsi terlalu banyak garam. 

Dokumentasi Pribadi
Dokumentasi Pribadi
Sudah sewajarnya MSG dari AJINOMOTO menjadi penyedap rasa nomer satu untuk masakan yang dapat memberikan kelezatan disetiap rasanya sehingga dapat dikatakan menjadi pasangan hati dari semua masakan. Apapun masakannya, di AJI-NO-MOTOin aja.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x