Mohon tunggu...
DEDY SAUTPENATA
DEDY SAUTPENATA Mohon Tunggu... Mahasiswa

Theology and Technology

Selanjutnya

Tutup

Digital

DOS (Disk Operating System), Cikal Bakal Sistem Operasi Komputer Berbasis GUI

28 November 2019   08:58 Diperbarui: 28 November 2019   09:02 466 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
DOS (Disk Operating System), Cikal Bakal Sistem Operasi Komputer Berbasis GUI
Tampilan IBM PC-DOS | komron.info

Microsoft DOS (MS-DOS) | gamesngadgets.com
Microsoft DOS (MS-DOS) | gamesngadgets.com
PENGERTIAN DOS 

DOS atau kepanjangan adalah Disk Operating System adalah suatu sistem operasi pertama pada dunia komputer. DOS, yang jika di artikan secara harafiah adalah sistem operasi yang bertempatkan dalam bentuk diska (cakram padat). Dan DOS adalah internal sistem bagi sistem operasi yang menggunakan metode grafis/GUI (Graphical User Interface). Karena, DOS adalah sistem operasi yang menggunakan metode teks/CUI (Character User Interface). Sistem operasi DOS diciptakan oleh perusahaan komputer yakni IBM yang pada awalnya menciptakan DOS dalam versi 16 bit.

DOS DAN SIFATNYA

Karakteristik sistem operasi DOS sangatlah berbeda dengan sistem operasi komputer pada umumnya, seperti Windows, Linux versi GUI, Macintosh, dan sistem operasi lainnya. Karena bersifat teks dan pendahulu dari Windows, sebab itu untuk memulai atau menjalankan, dan mematikan program komputer yang bersistem operasi DOS, haruslah mengetik/memasukkan beberapa perintah/command. Dan yang menjadi unik dari beberapa program yang ada pada sistem operasi DOS adalah perintah DOS. Adalah ada beberapa perintah yang disingkat, dan dalam perintah lainnya adalah menggunakan singkatan bahasa Inggris.

Hal ini berbeda dengan sistem operasi Windows karena Windows menggunakan metode grafis, yang pengguna atau user tinggal mengklik ikon-ikon atau shortcut pada panel kontrol Windows tersebut. Tetapi pada sistem DOS, perintah DOS terbagi menjadi dua, yaitu perintah internal dan eksternal.

Perintah internal adalah perintah inti pada program DOS yang merupakan inti tugas dari program komputer, misalkan menyalin, menghapus data, dan lain-lain yang merupakan bagian dari COMMAND.COM. Sedangkan perintah eksternal pada program DOS adalah perintah luaran COMMAND.COM yang mana perintah ini akan berjalan jika disertai oleh file. Inilah contoh-contoh perintah internal dan eksternal pada DOS program.

COPY             : COPY x:\sumber_data y:\tujuan_data

(x:\ adalah tempat penyimpanan awal, y:\ adalah tempat tujuan penyimpanan data)

TITLE (mengatur judul pada panel jendela prompt)

Sintaks asal data : title (judul jendela panel)

Pada DOS, juga memiliki karakteristik yang lainnya. Karena DOS berbasis teks, sebab itu program DOS hanya bisa menjalankan sistem pemograman komputer yang tidak termasuk kedalamnya grafika seperti audio, video, gambar, dan game (tugas tunggal/singletasking). Jika memungkinkan pun, pada game maka harus ditambahkan peripheral game atau konsol game - begitu juga dengan audio dan video. DOS juga memiliki sistem memori tersendiri, sama seperti sistem operasi pada umumnya. Karena sifat DOS yang merupakan singletasking, dan CUI, maka penggunaan memori untuk DOS sebesar 1 MB (1 MegaBytes) dengan menyisakan 384 KB (384 KiloBytes) untuk penggunaan umum.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x