Mohon tunggu...
Delfi Siam
Delfi Siam Mohon Tunggu... Bukan penulis, apalagi pujangga. Harapannya pendoa

Menulis merupakan sarana yang sangat baik untuk menenangkan diri. Saat menulis, mengalir suatu emosi dalam diri yang tergerak dalam gerakan pena dan kata atau pun bahasa yang kita pakaikan,,,

Selanjutnya

Tutup

Filsafat Pilihan

Bersyukur Itu Melahirkan Mukjizat: Renungan atas Yohanes 6:1-15

16 April 2021   09:18 Diperbarui: 16 April 2021   09:28 2363 23 3 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Bersyukur Itu Melahirkan Mukjizat: Renungan atas Yohanes 6:1-15
katolisitas.org

"Lalu Yesus mengambil roti itu, mengucap syukur dan membagi-bagikannya kepada mereka yang duduk di situ, demikian juga dibuat-Nya dengan ikan-ikan itu, sebanyak yang mereka kehendaki" (Yoh 6:11)

Konteks Injil

Selama hidup-Nya di dunia ini, Yesus selalu diikuti oleh banyak orang. Dalam Injil Yohanes 6:1-15, yang merupakan Injil yang dibacakan dalam Perayaan Ekaristi hari ini, dikatakan bahwa ada sekitar lima ribu laki-laki yang mengikuti Yesus. Pastinya pada saat itu, bukan saja laki-laki yang mengikuti Yesus karena disebutkan ada seorang anak yang membawa 5 roti dan 2 ikan. Itu berarti ada sekitar lima ribu lebih orang yang datang dan mengikuti Yesus saat itu.

Melihat ada begitu banyak orang yang mengikuti-Nya, Yesus meminta kepada Filipus untuk menemukan tempat di mana mereka bisa membeli roti untuk makanan orang banyak itu. Hal itu dikatakan oleh Yesus untuk mencobai para murid-Nya karena Ia sendiri tahu apa yang hendak dilakukan-Nya.

Namun Filipus menolak dengan mengatakan kalau hal itu tidak mungkin: "Roti seharga 200 dinar tidak akan cukup untuk mereka ini, sekalipun masing-masing mendapat sepotong kecil saja" (Yoh 6:7).

Di saat yang bersamaan, Andreas, saudara Simon Petrus, memberi tahu Yesus kalau di situ ada seorang anak yang mempunyai 5 roti jelai dan 2 ikan. Namun ia pun membantah kalau jumlah itu tidak akan berarti apa-apa bagi orang banyak tersebut.

Tetapi Yesus memiliki pemikiran lain. Dia segera mengambil 5 roti dan 2 ikan tersebut. Ia mengucap syukur atasnya dan membagi-bagikannya kepada orang banyak itu sebanyak yang mereka kehendaki. Setelah semuanya makan sampai kenyang, Yesus meminta kepada para murid-Nya untuk mengumpulkan potongan-potongan yang sisa. Dan potongan-potongan yang terkumpul itu sebanyak 12 bakul penuh.

Pesannya untuk Kita

Apa yang bisa kita maknai dari peristiwa penggandaan roti tersebut?

Jika kita melihat dari sisi ke-Ilahian Yesus, maka mukjizat itu sangat mungkin terjadi karena Dia adalah Allah. Tidak ada yang mustahil bagi Allah. Hanya dengan 5 roti dan 2 ikan, Ia sanggup memberi makan sebanyak lebih dari 5.000 orang, bahkan masih terdapat potongan-potongan yang sisa sejumlah 12 bakul.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x