Mohon tunggu...
Dede Yusuf
Dede Yusuf Mohon Tunggu... Freelancer - Ciamis

Hobi Nulis

Selanjutnya

Tutup

Atletik

Nastrusniscu Roxana Andreea, Atlet Naturalisasi dari Olahraga Gulat

2 April 2022   14:16 Diperbarui: 2 April 2022   14:23 247 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Sumber : banjarmasin.tribunnews.com

Fenomena atlet naturalisasi bukan hanya terjadi pada cabang olahraga sepak bola, banyak cabang olahraga lain yang melakukan hal serupa untuk berbagai alasan dan kepentingan, salah satunya olahraga gulat.
Nastrusniscu Roxana Andreea, wanita kelahiran resita, 13 januari  1989 ini menjadi atlet gulat yang dinaturalisasi indonesia. Roxana andreea dinaturalisasi pada tahun 2016 lalu dan dibantu oleh imam nahrawi selaku menpora saat itu.

Namun bukan seperti proses naturalisasi atlet sepakbola yang sengaja demi mengejar prestasi, Roxana Andreea mengajukan proses naturalisi demi cinta. Kisahnya berawal pada tahun 2012 saat Pengprov PGSI Kalsel mengundang dua pelatih dan tujuh pegulat asal Rumania yang salah satunya merupakan Roxana untuk menjadi sparing partner atlet Kalsel.

Empat bulan lamanya di Banjarmasin membuat Roxana betah dengan budaya dan masyarakatnya, bahkan pegulat cantik ini terlibat cinta lokasi dengan atlet Kalimantan Indra Satria Prakasa. Menurut pengakuan Roxana, dia merasakan jatuh cinta dengan Indra saat dirinya terbaring sakit dan Indra dengan sigap menemaninya. Dari mulai membelikan obat sampai menyuapinya makan.

Hingga sampai tiba rombongan pegulat Rumania tersebut Kembali, Roxana dan Indra tetap menjalin hubungan jarak jauh lewat internet. Setahun menjalani Long distance relationship, tepatnya 14 april 2013,  Roxana nekat balik ke banjarmasin dan memutuskna untuk menikah dengan Indra. Setelah menikah Roxana pindah dan menetap dindonesia sambal terus berlatih gulat, dunia yang sudah ia tekuni sejak berusia 9 tahun itu.

Dengan melihat prestasinya yang mentereng di kejuaraan eropa, kementrian pemuda dan olahraga ikut memberikan rekomendasi agar Roxana bisa berpaspor indonesia dan akhirnya pada tanggal 17 mei 2016 Roxana diambil sumpah untuk menjadi warga negara indonesia.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Atletik Selengkapnya
Lihat Atletik Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan