Mohon tunggu...
Dede Taufik
Dede Taufik Mohon Tunggu... Guru - Guru SD

Praktisi Pendidikan

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Tips Mengerjakan Tugas di Pendidikan Guru Penggerak

24 September 2023   12:53 Diperbarui: 24 September 2023   13:11 84
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Saat ini Pade tengah melaksanakan Pendidikan Guru Penggerak (PGP) angkatan 9. Pembelajarannya sudah memasuki modul 1.3 tentang Visi Guru Penggerak. Masih banyak modul yang akan Pade temui ke depannya. Namun, Pade harus selalu semangat dan pantang menyerah agar bisa tuntas menyelesaikan PGP ini. 

Dalam melaksanakan pembelajarannya, katakanlah dengan alur MERDEKA (Mulai dari diri, Eksplorasi konsep, Ruang kolaborasi, Demontrasi kontekstual, Elaborasi, Koneksi antarmateri, dan Aksi nyata) ditambah dengan refleksi Dwi mingguan di penghujung modul. Tentunya, hal itu dapat menguras waktu, tenaga, dan pikiran  karena ada tugas- tugas yang meski diselesaikan. Apalagi seiringan dengan tugas utama sebagai guru di sekolah.

Untuk menyelesaikan tugas dalam PGP Calon Guru Penggerak Angkatan 9 ini, Pade memiliki tips sendiri yakni kerjakan, kirimkan, dan lupakan.

1. Kerjakan

Tips yang pertama pastinya adalah mengerjakan tugas. Maksudnya tiada lain adalah kerjakan tugas dengan seger, tidak menunda-nunda. Kerjakan tugas sesuai dengan yang dipahami. Jika menemukan kendala, bisa sharing bersama dengan peserta CGP lainnya atau fasilitator itu sendiri. 

Nah, dalam mengerjakan tugas biasanya terjebak oleh hal-hal yang tidak terlalu penting misalnya terjebak oleh desain tampilan ingin menarik. Jika mahir desain tak masalah, namun jika tak mahir akan menimbulkan masalah. Untuk itu pilihlah yang simpel yang kita kuasai. Terpenting Point dalam tugasnya sesuai.

2. Kirimkan

Setelah tugasnya selesai dikerjakan, langkah selanjutnya ya kirimkan. Kirimkan tugasnya dengan tepat waktu tidak boleh melebihi batas waktu yang ditentukan di LMS. Hal ini, agar kita terhindar dari yang namanya lupa. Pasalnya, lupa memang terkadang menghampiri siapapun.

3. Lupakan

Jika sudah terkirim, yang langkah berikutnya melupakannya. Jangan dipikir-pikir lagi akan tugas tersebut. Apalagi, jika terus diingat apakah tugas ini salah atau benar. Nanti juga akan ada komentar yang diberikan fasilitator, apakah itu tugasnya sudah baik atau masih kurang. Yang terpenting, kita sudah menyelesaikannya sesuai dengan arahan yang diberikan.

Sebenarnya, ketiga tips diatas Pade peroleh dari Dosen PPG. Ternyata, tipsnya sangat jitu untuk menghindari stress dalam mengerjakan suatu tugas. Termasuk juga ketika saat ini Pade melaksanakan PGP di angkatan 9 ini.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun