Mohon tunggu...
Dede Sulastri
Dede Sulastri Mohon Tunggu... Mahasiswa - Universitas Pendidikan Indonesia

Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Pendidikan Indonesia. Tertarik dalam dunia pendidikan dan jurnalistik.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Halo Maba! Inilah Hal-hal yang Harus Kamu Ketahui sebelum "Terjun" ke Kampus

18 Agustus 2022   19:57 Diperbarui: 18 Agustus 2022   19:59 104 5 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Sebagai seseorang yang menyandang status Mahasiswa, tentu kamu bahagia, bukan? Kamu adalah manusia pilihan yang diberi kesempatan untuk mengenyam pendidikan bahkan hingga perguruan tinggi. Maka dari itu, kamu perlu memerhatikan beberapa hal yang mungkin harus kamu ketahui sebagai seorang mahasiswa baru (MABA)

  • Ospek, merupakan tempat mencari relasi dan mengenal lebih dekat lingkungan

Sesuai dengan namanya, ospek merupakan singkatan dari Orientasi Perkuliahan yang dijalani setiap mahasiswa baru ketika memasuki dunia perguruan tinggi. Ajang ini merupakan ajang terbaikmu untuk mencari relasi sebanyak dan seluas mungkin. Dalam kegiatan tersebut, kamu akan bertemu rekan satu program studi, satu angkatan bahkan mahasiswa umum lainnya. So, jangan sia-siakan kesempatan itu untuk mencari relasi sebanyak-banyaknya, ya!

  • Persiapkan fisik dan mental secara baik.

Dunia perkuliahan merupakan masa peralihanmu menjadi individu yang lebih dewasa. Saat memasuki fase ini. Sebaiknya kamu mempersiapkan fisik sebaik mungkin. Mengapa demikian? Waktu perkuliahan memanglah lebih fleksibel, namun beban studi yang kamu tempuh tentu jauh lebih berat sehingga fisik dan mental kamu harus 1000 x lebih kuat.. Semangat!

  • Manajemen Diri.

Kamu mau jadi mahasiswa dengan banyak organisasi? Mahasiswa dengan sampingan berwirausaha? Atau mahasiswa yang seperti apapun tentu kamu perlu membuat skala prioritas. Kamu harus mempertimbangkan mana yang penting hingga yang kurang penting serta kontrol diri yang tinggi

Mulailah berkenalan dengan teman-temanmu, kaka tingkat, hingga seluruh dosen dan civitas akademik di kampus. Percayalah, memahami kultur dan orang-orang yang ada di lingkungan kampus sangat penting karena hal tersebut akan membantumu dalam berkegiatan akademik maupun non akademik.

  • Lengkapi alat penunjang perkuliahan secara baik/

Pakaian, laptop, hingga buku-buku yang akan dipakai hendaknya dipersiapkan sedini mungkin. Hal tersebut berguna agar kamu punya banyak waktu untuk bersiap dan tidak perlu ketar-ketir saat waktunya dibutuhkan. Oh, ya.. mungkin kamu bisa menggunakan binder untuk membubuhkan catatan perkuliahanmu. Semoga membantu

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan