Mohon tunggu...
Dede Sulaiman
Dede Sulaiman Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Dede Sulaiman

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

KKN UPI 2022: Penerapan Pola Asuh Orang Tua dalam Penyelenggaraan Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN)

15 Agustus 2022   17:09 Diperbarui: 15 Agustus 2022   17:17 96 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Kegiatan penimbangan dan imunisasi Dokumentasi pribadi 

MAHASISWA KKN TEMATIK UPI 2022, BANDUNG- Posyandu Rw09 kelurahan Kebon Jayanti melakukan kegiatan penimbangan balita mengajak orang tua yang memiliki balita untuk berpartisipasi dalam Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN) 2022 selama bulan Agustus 2022. 

Bulan Imunisasi Anak Nasional merupakan kegiatan pemberian imunisasi tambahan yang dilaksanakan secara terintegrasi dan mencakup dua kegiatan. 

Mengutip penjelasan di media sosial Instagram Puskesmas Babakan Sari, Kota Bandung, akegiatan Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN) yang pertama berupa pemberian satu dosis imunisasi campak-rubela secara massal bagi anak usia 9 – 59 bulan.

Kemudian, yang kedua adalah melengkapi imunisasi polio, serta DPT-Hb-Hib yang telahterlewat bagi anak usia 12 – 59 bulan.

Manfaat dari program BIAN untuk mencegah kesakitan dan kecacatan akibat dari penyakit campak, rubella, polio, difteri, hepatitis B, pertusis (batuk rejan), pneumonia (radang paru), dan meningitis (radang selaput otak).

Telah Selesai kegiatan penimbangan balita dan bulan imunisasi anak nasional yang bertempat di posyandu RW 09 Kelurahan Kebon Jayanti kegiatan yang dilaksanakan pada hari selasa(2/08/2022) dari partisipasi orang tua khususnya peran ibu yang memberikan kepada anak untuk tetap sehat  pemberian imunisasi menjadikan anak lebih  aman dari penyakit. 

Di lingkungan posyandu RW 09 Kelurahan Kebon Jayanti kegiatan yang dilaksanakan tidak hanya melakukan imunisasi saja akan tetapi dibarengi dengan penimbangan dan pengukuran tinggi badan kepada anak balita, dengan peran orang tua yang menerapkan pola asuh sejak dini untuk tetap sehat orang tua mendampingi anaknya untuk membujuk anaknya agar tidak takut saat penimbangan, pengukuran tinggi badan dan penyuntikan imunisasi campak, rubella. 

Maka dari itu Pola asuh anak suatu proses yang ditujukan untuk meningkatkan serta mendukung perkembangan fisik, emosional, sosial, finansial, dan intelektual seorang anak sejak bayi hingga dewasa. Hal ini menjadi tanggung jawab orang tua, sebab orang tua merupakan guru pertama untuk anak dalam mempelajari banyak hal dan telah membantu peran pemerintah mensukseskan program bulan imunisasi anak nasional (BIAN). 

Dokpri
Dokpri

Dokpri
Dokpri

Dokpri
Dokpri

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan