Mohon tunggu...
Dede Nurhalizah
Dede Nurhalizah Mohon Tunggu... Mahasiswa Bimbingan dan Konseling UPI 2018

KKN Tematik UPI 2021

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Penggunaan Media Pembelajaran Video sebagai Upaya Meningkatkan Fokus Belajar Siswa SD Selama PJJ

22 Juli 2021   22:48 Diperbarui: 22 Juli 2021   23:10 45 2 0 Mohon Tunggu...

Sesuai dengan pertauran Surat Edaran Nomor 15 Tahun 2020 tentang Pedoman Penyelenggaraan Belajar Dari Rumah Dalam Masa Darurat Penyebaran Covid-19, pelaksanaan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) masih berlangsung hingga saat ini karena adanya wabah Covid-19 yang belum kunjung usai. Pembelajaran di masa sekarang diharuskan menerapkan kebiasaan baru melakukan pembelajaran secara daring, mulai dari Guru, Siswa, Dosen, Mahasiswa, serta orang tua siswa.

Perkembangan teknologi saat ini terus berkembang, sehingga memudahkan proses pembelajaran yang dilaksanakan secara daring. Seperti halnya penggunaan Zoom Meeting, Google Meeting, dan Group Whatsapp yang dipergunakan untuk melaksanakan pembelajaran. Selain itu, dengan adanya perkembangan teknologi ini berbagai macam media pembelajaran lebih inovatif dan kreatif, seperti halnya video pembelajaran, Power Point Cast, Infografis atau Video Explainer. Media pembelajaran tersebut dapat memudahkan siswa untuk memahami materi yang disampaikan serta membuat siswa lebih fokus untuk belajar.

Pada tahun 2021, UPI menyelenggarakan KKN Tematik dengan tema "Kuliah Kerja Nyata Tematik Membangun Desa melalui Bidang Pendidikan dan Ekonomi dalam Implementasi MBKM pada Masa Pandemi Covid-19 (KKN TEMATIK MDBPE-MBKM)". Dalam KKN Tematik pada bidang Pendidikan terdapat beberapa program yaitu penguatan pembelajaran daring, pendampingan pembelajaran daring peserta didik, pendampingan orang tua dalam membimbing anak melalui pembelajaran daring, serta program lainnya yang diselenggarakan secara online.

Pelaksanaan pembelajaran secara daring di Sekolah Dasar saat ini, masih terdapat guru-guru yang belum menguasai teknologi dalam membuat media pembelajaran seperti video. Maka dari itu, adanya pendampingan penguatan pembelajaran daring ini dapat membantu guru-guru menyiapkan media pembelajaran berbentuk video sebagai upaya meningkatkan fokus belajar pada siswa. Dengan menggunakan media video dalam pembelajaran ini dapat membantu siswa yang memiliki gaya belajar berbeda-beda seperti halnya gaya belajar melalui audio, visual, maupun audio dan visual. Diharapkan, dengan penggunaan media video ini dapat membantu memaksimalkan proses pembelajaran dari rumah.

Oleh: Dede Nurhalizah-Kelompok 36

Dosen Pembimbing Lapangan: Dr. Khaerudin Kurniawan, M.Pd.

VIDEO PILIHAN