Mohon tunggu...
Deden SatryaPutra
Deden SatryaPutra Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Hallo semuanya Selamat Datang, terimakasih telah berkunjung ke profil kami!

Selanjutnya

Tutup

Money

Pelatihan Strategi Marketing untuk Meningkatkan Penjualan Produk UMKM Shingkara oleh Mahasiswa KKN Mandiri Universitas Negeri Malang

28 Juli 2021   10:16 Diperbarui: 28 Juli 2021   14:00 504
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pelaksanaan proker pelatihan strategi marketing

Mahasiswa KKN Mandiri Universitas Negeri Malang mengadakan program kerja Pelatihan Strategi Marketing untuk Meningkatan Penjualan Produk UMKM Shingkara di Desa Banjararum Kecamatan Singosari Kabupaten Malang.

Dimasa pandemi Covid-19 ini, memasarkan suatu produk sangat diperlukan strategi agar diminati pelanggan dan usaha tetap berjalan. Seperti cara mengambil foto produk agar terlihat menarik, kemudian mempromosikan produk secara online maupun offline dan menyesuaikan harga jual yang menguntungkan bagi pelaku usaha. Salah satunya di desa Banjararum Kecamatan Singosari Kabupaten Malang terdapat UMKM Shingkara yang masih mengalami kesulitan dalam menerapkan strategi pemasaran yang tepat. Oleh karena itu, mahasiswa Universitas Negeri Malang yang melaksanakan KKN Mandiri di Desa Banjararum mengadakan program kerja tentang "pelatihan strategi marketing untuk meningkatkan penjualan UMKM Shingkara". Program kerja ini bertujuan untuk memberikan wawasan tentang bagaimana cara untuk memperluas pemasaran produk pelaku UMKM, serta manipulasi marketing yang baik.

Penyampaian Materi
Penyampaian Materi

Metode yang digunakan secara kualitatif dengan pendekatan studi kasus. UMKM Shingkara di desa Banjararum menggunakan langkah offline dalam pemasaran produk yang membuat omsetnya kecil dan usahanya sulit berkembang. Jika UMKM di desa Banjararum tidak mengikuti perkembangan teknologi, maka mereka akan sulit bersaing dengan kompetitor lain yang sudah maju. Dari diadakannya kegiatan pelatihan ini, terdapat beberapa hal yang dapat dicapai meliputi para pegiat UMKM dapat menggunakan beberapa aplikasi seperti, facebook, instagram, whatshapp, tiktok, dan sebaginya untuk pemasaran/mempromosikan produk secara online melalui sosial media, serta dapat menggunakan aplikasi seperti Canva, Picsart, Adobe Lightroom, Capcut editing video dan photoRoom melalui HP atau Laptop untuk desain produk agar terlihat lebih menarik.

Pengabdian masyarakat dilakukan di Desa Banjararum, Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang. Metode yang digunakan dalam melaksanakan pengabdian masyarakat ini melalui beberapa tahapan seperti, tahap persiapan yaitu melakukan koordinasi bersama Kepala Desa Banjararum, Ketua UMKM Shingkara, serta Dosen Pembimbing Lapangan mengenai program kerja yang akan dilaksanakan.

Konsultasi bersama ketua UMKM dan dosen pembimbing
Konsultasi bersama ketua UMKM dan dosen pembimbing

Kemudian tahap pelaksanaan yaitu pembentukan struktur kepanitian dari kegiatan program kerja yang akan dijalankan, menentukan tempat, waktu, dan agenda acara yang akan dijalankan, melakukan pemeriksaan terhadap kesiapan alat, bahan, dan media yang digunakan untuk menunjang jalannya kegiatan program kerja, dan dalam pelaksanaan kegiatan, melakukan kegiatan sesuai agenda acara yang telah ditentukan sebelumnya , serta melakukan publikasi ke media massa Offline/Online. Kegiatan pelatihan Strategi Marketing untuk Meningkatan Penjualan Produk UMKM Shingkara dilaksanakan di rumah Ketua UMKM Shingkara pada tanggal 11 Juli 2021. Pada pelaksanaan kegiatan tetap mematuhi protokol kesehatan. Dan yang terakhir tahap pelaporan yaitu melakukan evaluasi terhadap program kegiatan yang telah dilaksanakan dan membuat laporan akhir mengenai program kerja "pelatihan strategi marketing untuk meningkatkan penjualan UMKM Shingkara".

Praktek pelatihan pemasaran melalui social media
Praktek pelatihan pemasaran melalui social media

Beberapa paparan mengenai hasil dari pelaksanaan program kerja pelatihan strategi marketing untuk meningkatkan penjualan produk UMKM Shingkara Oleh Mahasiswa KKN Mandiri Universitas Negeri Malang yaitu para pegiat UMKM antusias dalam mengikuti pelatihan strategi pemasaran, sehingga memotivasi pegiat UMKM untuk dapat melakukan pemasaran melalui media social dengan memanfaatkan teknologi yang berkembang dalam penjualan produk seperti iklan di facebook, Instagram, whatshapp, tiktok, dan sebaginya supaya produk tersebut dapat mencakup pemasaran yang lebih luas. Selain itu, dalam pelatihan tersebut pegiat UMKM dapat menggunakan aplikasi, seperti Canva, Picsart, Adobe Lightroom, Capcut editing video dan photoRoom melalui HP atau Laptop sebagai desain dan mengedit foto produk supaya menghasilkan iklan yang lebih menarik untuk pemasaran.

Berharap dengan diadakannya pelatihan strategi marketing pemasaran produk UMKM Shingkara ini dapat membantu mengatasi permasalahan yang dialami oleh para pelaku usaha UMKM dalam memasarkan produknya secara online melalui sosial media yang menjadi salah satu sarana terbaik dalam memasarkan produk UMKM.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun