Mohon tunggu...
Dede Ahmad Ramdhan
Dede Ahmad Ramdhan Mohon Tunggu... Freelancer - RA94

Punten Numpang Nulis

Selanjutnya

Tutup

Balap Pilihan

Fungsi Lubang Kecil di Ujung Mobil F1

9 Februari 2023   06:10 Diperbarui: 9 Februari 2023   06:40 728
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Max Verstappen GP Belgia (grandprix247.com)

Kalau kita lihat front wing mobil F1, ada lubang kecil di ujung nose cone ditengah tengah sayap depan mobil.

Lubang ini wajib ada di setiap mobil sesuai dengan peraturan regulasi teknis F1 2022. lubang ini berfungsi sebagai lubang pendingin bagi pemblap. walaupun kecil lubang ini berada di bagian terdepan mobil, bagain pertama yang kerkena udara sehingga udara yang masuk pun lebih kencang & bersih. 

Walau kecil lubang ini bisa mendinginkan area cockpit mobil, terlebih daerah ini banyak terdapat komponen-komponen elektrik dan sistem stir yang memanas selama balapan.

Udara yang masuk ke daerah kokpit ini juga bisa menstabilkan udara bergejolak sekitar driver. Sehingga udara yang mengalir ke bagian belakang mobil lebih 'smooth' sehingga menghasilkan lebih gaya downforce dan sedikit drag.

Selain sebagai pendingin, lubang ini juga mempunyai fungsi aerodinamika. Bagian 'nose' mobil f1 merupakan daerah yang rawan stagnasi udara, dimana aliran udara tidak punya arah tujuan yang jelas sehingga menyebabkan drag (berkurangnya kecepatan akibat gaya gesek udara).

Asal-Usul

Mobil F1 Ferarri f2007, dengan lubang di ujung corong hidungnya (wallpaperflare.com)
Mobil F1 Ferarri f2007, dengan lubang di ujung corong hidungnya (wallpaperflare.com)
Di musim 2006-2007 lubang ini mulai muncul di beberapa mobil F1. Lubang ini berfungsi berfungsi seperti s-duct, menstabilkan aliran udara yang bergejolak di sekitar sayap depan. (selengkapnya)

Awalnya inovasi ini dilarang oleh FIA di musim 2006. Tapi setelah fungsinya diperdebatkan , inovasi ini akhirnya disah kan dengan syarat berfungsi untuk mendinginkan pembalap.

Melihat s-duct sudah tidak terlihat lagi di mobil 2022 kemarin, kemungkinan lubang ini memiliki multi fungsi. Sebagai pendingin dan penstabil aliran udara di sekitar 'corong hidung' mobil.

Mercedes Dobel DRS

Merc dobel DRS (www.motorsport.com)
Merc dobel DRS (www.motorsport.com)
Di musim 2012 Mercedes memanfaatkan lubang ini untuk inovasi yang mereka sebut dobel DRS. udara yang masuk ke lubang ini dialihkan menuju sayap depan yang menyebabkannya stall, mengurangi drag tapi sekaligus mengurangi gaya downforce sayap depan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Balap Selengkapnya
Lihat Balap Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun