Mohon tunggu...
Dede Ahmad Ramdhan
Dede Ahmad Ramdhan Mohon Tunggu... Freelancer - RA94

Punten Numpang Nulis

Selanjutnya

Tutup

Balap

3 Fitur Keselamatan di Mobil F1

12 Juli 2022   05:30 Diperbarui: 12 Juli 2022   05:38 62 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Mobil Alfa Romeo tersangkut di celah pagar pembatas setelah mengalami kecelakaan di GP Inggris. www.gettyimages.com

Di GP inggris minggu kemarin, kita menyaksikan kecelakaan yang sangat mengerikan. kecelakaan yang menimpa Zhou Guanyu, saat lap pembuka mobilnya terbalik terseret sampai menabrak pagar pembatas. Zhou sempat terjebak di dalam mobil yang terbalik selama beberapa menit, sebelum akhirnya bisa dibawa ke ambulan.  Walaupun roll hop yang terlepas, berkat Halo Zhou berhasil keluar dari mobilnya tanpa mengalami cidera yang parah. Halo yang menjadi fitur wajib di mobil F1 di awal tahun 2018 ini lagi-lagi terbukti dapat menyelamatkan nyawa pembalap. Selain itu berikut adalah 3 Fitur keselamatan penting yang dipasang di mobil F1 untuk melindung pembalap dari kecelakaan fatal:

Monocoque

Monocoque www.youtube.com/c/animagraffs
Monocoque www.youtube.com/c/animagraffs
by merupakanm struktur yang kuat dan solid tempat pembalap duduk dan menyetir mobil F1 nya. monocoque ini meliputi tanki bahan bakar sampai ujung pedel gas dan rem. juga dilengkapi Roll hop dan halo yang memberikan pembalap ekstra perlindungan bila mana mobil terbalik atau tertindih mobil lain seperti Lewis Hamilton di Monza musim kemarin dan Leclerc di spa 2018. monocoque ini sangat kuat dan di design untuk perlindungan utama saat crash/kecelakaan.

Crash structure

Crash structure, www.youtube.com/c/animagraffs
Crash structure, www.youtube.com/c/animagraffs

mobil F1 memiliki crash structure yang didesign untuk menjadi bumper diantara tembok dan monocoque/pembalap. Crash structure dibuat menggunakan carbonfiber yang sengaja dibuat untuk menyerap dampak energi saat terjadi benturan dengan pagar pembatas atau mobil lainnya. Crash structure akan terlipat dan terkompres sehingga mengurangi akselerasi saat terjadi benturan. ada 3 jenis Crash structure; yang pertama adalah Front impact structure merupakan hidung yang mengubungkan monocoque dan sayap depan. side crash structure terdapat di samping mobil yang biasanya tertutupi oleh sidepod, dan yang terakhir Rear crash structure yang terdapat di belakang, juga menjadi tempat lampu belakang di bawah sayap belakang.


Headrest dan busa pengaman

Headrest dan busa pelindung kaki, diedit dari F1.com
Headrest dan busa pelindung kaki, diedit dari F1.com
Pembalap F1 menggunakan sabiuk pengaman 6 titik sehingga tubuh mereka tertanam di kursi balap mereka sehingga tidak terlempar kesana kemari saat balapan. tetapi kepala dan kaki masih bergerak bebas dan bisa terbentur body mobil dan bisa mengakibatkan cidera. sehingga sejak tahun 1996, F1 menggunakan Headrest dan busa pengaman di lubang kaki untuk kenyamanan dan keselamatan pembalap. Headrest dibuat dengan carbon fiber dan keflar yang tipis diisi oleh busa confor yang empuk, tetapi busa ini akan mengeras saat dipukul atau menerima benturan keras. busa pengaman di lubang kaki mobil juga menggunakan busa confor supaya kaki tetap diam ditempat mencegah benturan atau gesekan dengan body monocoque mobil. 

selain itu juga pembalap dilengkapi helem yang tersambung dengan alat Hans yang mencegah kepala terpelontar ke depan saat mengerem atau terjadi kecelakaan.

sumber: 

www.youtube.com/c/animagraffs

www.youtube.com/c/F1


R94

Mohon tunggu...

Lihat Konten Balap Selengkapnya
Lihat Balap Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan