Di GP inggris minggu kemarin, kita menyaksikan kecelakaan yang sangat mengerikan. kecelakaan yang menimpa Zhou Guanyu, saat lap pembuka mobilnya terbalik terseret sampai menabrak pagar pembatas. Zhou sempat terjebak di dalam mobil yang terbalik selama beberapa menit, sebelum akhirnya bisa dibawa ke ambulan. Walaupun roll hop yang terlepas, berkat Halo Zhou berhasil keluar dari mobilnya tanpa mengalami cidera yang parah. Halo yang menjadi fitur wajib di mobil F1 di awal tahun 2018 ini lagi-lagi terbukti dapat menyelamatkan nyawa pembalap. Selain itu berikut adalah 3 Fitur keselamatan penting yang dipasang di mobil F1 untuk melindung pembalap dari kecelakaan fatal:
Monocoque
Crash structure
mobil F1 memiliki crash structure yang didesign untuk menjadi bumper diantara tembok dan monocoque/pembalap. Crash structure dibuat menggunakan carbonfiber yang sengaja dibuat untuk menyerap dampak energi saat terjadi benturan dengan pagar pembatas atau mobil lainnya. Crash structure akan terlipat dan terkompres sehingga mengurangi akselerasi saat terjadi benturan. ada 3 jenis Crash structure; yang pertama adalah Front impact structure merupakan hidung yang mengubungkan monocoque dan sayap depan. side crash structure terdapat di samping mobil yang biasanya tertutupi oleh sidepod, dan yang terakhir Rear crash structure yang terdapat di belakang, juga menjadi tempat lampu belakang di bawah sayap belakang.
Headrest dan busa pengaman
selain itu juga pembalap dilengkapi helem yang tersambung dengan alat Hans yang mencegah kepala terpelontar ke depan saat mengerem atau terjadi kecelakaan.
sumber:
www.youtube.com/c/animagraffs
www.youtube.com/c/F1
R94