Mohon tunggu...
Dede Ngadino
Dede Ngadino Mohon Tunggu... Guru - Mahasiswa yang ingin selalu belajar agar tetap waras

berhenti atau berevolusi

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Ingin Belajar di Kampung Inggris Pare, Kediri? Ini Pengalamanku Belajar di Sana

22 Agustus 2021   16:11 Diperbarui: 22 Agustus 2021   17:05 1856
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Icon kampung Inggris/dokpri

Mungkin kita tidak asing jika mendengar kampung Inggris. Kampung yang konon katanya dianggap tempat efektif untuk belajar bahasa Inggris dan penduduk kampungnya menggunakan bahasa inggris dalam komunikasi sehari-hari. Ya, begitu juga yang saya pikirkan. 

Kampung inggris memiliki keistimewaan tersendiri daintara daerah lain di Indonesia. Kampong yang dahulu didirikan oleh Kalend Osein. seorang santri yang pernah belajar di Pondok Modern Darussalam Gontor, Ponorogo, Jawa Timur. kampung Inggris ini terletak di Desa Tulungrejo dan Desa Pelem, Kecamatan Pare, Kabupaten Kediri, Jawa Timur. sekitar 30 KM dari Kota Kediri. Perkampungan tersebut saat ini berkembang menjadi tempat belajar Bahasa Inggris dan bahasa-bahasa lainya.

Saya pertama kali mengetahui informasi tentang Kampung Inggris dari Dosen saya. Beliau dahulu pernah pernah belajar di kampung Inggris. Namanya adalah pak Djaffar Lessy. M.Si. karena saya sadar akan kemampuan bahasa Inggris saya yang buruk, akhirnya mendorong saya untuk berangkat ke Kampung inggris dan mendalami Bahasa Inggris. 

Berbekal niat dan nekat, akhirnya sekitar bulan Agustus 2016 saya berkesempatan untuk belajar di Kampung ini. Karena yang saya tau lembaga kursus di sana adalah Basic English Course (BEC), akhirnya saya mendaftar di lembaga tersebut. Namun sayang sekali, persyaratan untuk belajar di Basic English Course (BEC) adalah mendaftar 6 bulan sebelumnya. Alhasil, ya akhirnya saya mencari lembaga lain untuk belajar Bahasa Inggris.

Saya akhirnya mulai belajar dan adaptasi di Kampung Inggris. Awalnya saya mengira semua masyarakat menggunakan bahasa inggris ketika komunikasi sehari-hari. Tapi ternyata tidak semuanya. Akan tetapi, secara kolektif keadaan di kampung Inggris sangat mendukung.  Dari mulai lingkungan yang nyaman, teman yang beragam, dan suasana belajar yang menyenangkan. 

Kondisi ini membuat saya benar-benar menikmati proses belajar di Kampung. Alhamdulilah dari yang tadinya tidak bisa saya sekali, setelah beberapa bulan kemudian kemampuan bahasa inggris saya mulai meningkat. Sayapun mencoba mengambil beberapa program kursus sebelum saya pulang ke daerah saya lagi. Mulai dari kelas Speaking, Listening, Reading, pronunciation, Grammer hingga TOEFL. 

Dalam benak saya ingin memanfaatkan waktu sebaik mungkin di kampung ini. Setelah di rasa cukup akhirnya saya memutuskan untuk pulang. Saya sangat menyadari bahwa kampung Inggris sangat rekomendasi untuk belajar Bahasa Inggris. Tempat yang cocok untuk liburan sekaligus belajar. Bagi kamu yang ingin mendalami kemampuan bahasa Inggris kamu, yuk simak tips berikut.

Berikut saya ingin berbagi tips dan informasi tentang belajar di kampung inggris, mulai dari cara menuju ke kampung inggris sampai wisata terdekat dengan kampung inggris:

Cara Menuju Kampung Inggris

Jika kita ingin menuju ke kampung inggris, sangatlah mudah. Banyak akses untuk menuju kampung ini. Contoh saya dari Maluku. Setelah menggunakan pesawat dan sampai ke bandara Surabaya, selanjutnya bisa menggunakan bus atau kereta api menuju kota Malang. 

Selanjutnya dari kota Malang bisa menggunakan bus tujuan Kediri dan turun di Pare. Kamu cukup bilang ke supir bus nanti turun di kampung Inggris ya. untuk ongkosnya sekitar Rp. 25.000 ya. Jika ingin langsung menuju ke kampung Inggris dari bandaara Surabaya, itu juga bisa juga. Kalian cukup memesan travel menuju Kampung Inggris.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun